Ketertarikan Thomas Ramdhan Pada Bass Bermula dari Ketidaksengajaan
Thomas Ramdhan, pemain bass band GIGI beraksi di atas panggung. (Instagram/@thomasramdhan)

Bagikan:

JAKARTA - Thomas Ramdhan dari GIGI menyampaikan cerita dibalik ketertarikannya pada instrumen bass dalam sesi podcast di kanal YouTube Barry Likumahuwa beberapa waktu lalu.

Thomas mengatakan, semua itu bermula justru dari perjalananannya sebagai gitaris lebih dahulu.

"Sebetulnya, awal banget ya pasti gitar ya, tapi keluarga memang hampir semuanya main musik. Dan kaka gua main bass kebetulan. Nah terus dari gua awalnya main gitar, bahkan sempat les juga belajar gitar klasik waktu kelas 3 SD lah. Kelas 4 baru tampil tuh membawakan folk gitu lah main harmonika sendiri dan bernyanyi," tutur Thomas.

Setelah itu, ia menyampaikan mulai mengulik beberapa lagu dengan bass karena salah satu bassist di bandnya terlalu sibuk berpacaran.

"Nah terus, kelas 5 gua mulai main band sampai SMP. Masih main gitar. Nah, terus dulu kan sewa studio band kita patungan. Ya durasinya 3-4 jam lah. Kalo misal salah satu di antara kita engga bisa-bisa ngulik, ya rugi dong jadinya," imbuhnya.

"Nah yang satu ini bassist gua pacaran terus jadinya engga ada waktu untuk ngulik. Pada akhirnya, karena begitu gua akhirnya gua suka ngulik bass juga biar proses latihannya jadi cepat di studio," jelasnya.

Alhasil, melalui proses itu secara tidak langsung Thomas merasa dibukakan jalan menuju ke tingkat yang lebih tinggi sebagai bassist.

"Ya terus karena emang udah dibukakan jalan kali ya, tiba-tiba dapat tawaran suruh mengiringi artis-artis hebat di Jawa Barat karena alasan mereka engga ada bassist. Nah ya udah akhirnya dari situlah mulai mendengarkan berbagai referensi untuk meningkatkan kemampuan bass gua," tutup Thomas.