Konser Roger Waters di Jerman Batal karena Dituding Anti-semit
Roger Waters (Instagram @rogerwaters / @kate.izor)

Bagikan:

JAKARTA - Konser Rogers Waters di Frankfurt, Jerman dibatalkan setelah dewan kota menggambarkan personel Pink Floyd itu sebagai "salah satu antisemit paling terkenal di dunia".

Konser itu dijadwalkan pada 28 Mei di Festhalle di Frankfurt, tempat milik publik. Namun pemerintah kota mengumumkan bahwa pertunjukan tersebut akan dibatalkan karena pandangan sang musisi tersebut terhadap Israel.

Menurut surat kabar Israel Haaretz, pemberitahuan pembatalan tersebut berkaitan dengan Waters yang memboikot Israel - juga dikenal sebagai kampanye BDS - pembicaraan dengan media yang berafiliasi dengan Hamas, perbandingan Israel dengan apartheid Afrika Selatan dan citra anti-Semit di acara.

Itu juga merujuk pada kepekaan seputar tempat tersebut, yang digunakan sebagai pusat penahanan bagi sekitar 3.000 orang Yahudi sebelum dideportasi ke kamp konsentrasi pada tahun 1938.

Waters belum mengomentari pembatalan tersebut, tetapi dia membagikan ulang video TikTok jurnalis AS-Palestina Ramzy Baroud yang membelanya dengan sebutan "anti-rasis".

“Terima kasih Ramzi! Beri tahu mereka saudaraku,” kata Waters, dengan tiga emoji bendera Palestina dan seekor burung merpati. "Cinta R."