10 Fakta Legenda Blues Gideon Tengker, Ayah Nagita Slavina
Gideon LJ Tengker (Foto: Riki Noviana)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Gideon Tengker kembali muncul ke permukaan. Bukan karena merilis lagu baru, melainkan karena kasus perceraiannya dengan Rieta Amalia 10 tahun silam yang terus berguling layaknya bola salju. Gideon menggugat Rieta terkait harta gono-gini.

Tapi, kita tidak akan membahas kasus ini. Pasalnya, membicarakan sisi musik ayah kandung Nagita Slavina itu jauh lebih menarik. Gitaris blues rock senior kelahiran Manado, Sulawesi Utara ini adalah legenda yang memengaruhi gitaris-gitaris generasi sekarang.

Om Dion, demikian panggilannya, saat ini menetap di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor dan hanya ditemani anjing-anjing peliharaannya.

Sepanjang perjalanan karier musiknya, pria berambut panjang dan putih ini telah melahirkan beberapa album dan terlibat dalam sejumlah proyek beberapa musisi Tanah Air.

Berikut ini 10 fakta tentang pria bernama lengkap Gideon Louis Joan Tengker yang dirangkum VOI langsung dari sang legenda.

1. Saksi hidup konser Led Zeppelin, Grandfunk Railroad serta Blood Sweat And Tears saat masih menuntut ilmu di London, Inggris, pada era awal 70-an.

2. Merilis tiga album (piringan hitam) bersama band-nya; Drakhma, yakni Hari Esok (1980), Citra Bahagia (1982), dan Tiada Kusadari (1984). Selain Gideon di posisi gitar, band ini juga diawaki oleh Dani Mamesah (drumer), Dodo Zakaria (piano, kibor), Rudy Gagola (bass), dan Ricky Basuki (vokal).

3. Pengisi solo gitar dalam lagu Tua Tua Keladi (Anggun C. Sasmi) yang bersemayam dalam album kompilasi rilisan Atlantic Records pada 1990.

4. Merilis album kumpulan lagu-lagu terbaik Drakhma dengan tambahan dua lagu baru pada era awal '90-an. Sempat tercetus gagasan bahwa album ini bakal dirilis ulang dalam format piringan hitam. Tapi, sampai sekarang, proyek ini mangkrak.

5. Pengisi solo gitar dalam lagu Awang-Awang milik Iwan Fals yang ada di album Orang Gila rilisan 1994.

6. Guru gitar banyak gitaris Indonesia. Salah satunya, Andry Muhammad (dulu bernama Andry Franzzy), eks personel Powerslaves, Boomerang, dan Mahadewa.

7. Merilis single rohani bertajuk Jesus melalui YouTube pada Februari 2014.

8. "Groove or die", merupakan slogan bermusik Gideon Tengker. Baginya, groove merupakan salah satu hal penting dalam bermain musik

9. Brand ambassador gitar lokal Rick Hannes dan menyandang gitar dengan signature series-nya sendiri, Rick Hannes GT Series, pada Mei 2015.

10. Menciptakan tuning gitar D-A-D-A-D-A agar lebih praktis saat memainkan nada-nada etnik (Sunda, Jawa, Bali) maupun blues pentatonik.

Terkait