Bagikan:

JAKARTA - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini resmi meluncurkan generasi ketiga dari Nmax, yang diberi label 'Turbo' berkat disematkannya teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).

Perlu diketahui, produsen garpu tala menghadirkan YECVT untuk menggantikan sistem CVT konvensional, alias tidak lagi menggunakan roller. Berkat kehadiran teknologi tersebut, Nmax Turbo memiliki fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara. Meliputi T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring).

5

Kedua mode tersebut dapat dioperasikan melalui tombol 'Mode' yang ada pada bagian kiri setang motor atau Y-Shift. Fitur tersebut dapat memberikan sensasi berkendara yang berbeda, dimana dapat memberikan tambahan akselerasi dengan tiga tingkatan yaitu Low (1), Medium (2) dan High (3). Selain itu, Y-Shift juga bisa berfungsi untuk deselerasi ketika menghadapi jalan yang menurun.

Namun demikian, untuk memaksimalkan penggunaan fitur tersebut ada beberapa tips yang perlu dilakukan, apa saja? Berikut penjelasannya.

Akselerasi

5

Opsi pertama yang bisa dilakukan para pengguna dengan membuka gas secara cepat untuk auto shift ke tingkatan pertama, kemudian lanjut dengan melakukan shift kedua-ketiga secara manual dan cepat.

"Dengan catatan rpm kurang lebih akan mencapai 7.000 rpm, serta hindari jeda terlalu lama saat melakukan shift 1-3, karena jika rpm sudah tinggi feeling akselerasi instan tidak terasa," kata Instruktur YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Muhammad Arief, kepada awak media, di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Opsi kedua yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka gas secara konstan kemudian menekan tombol shift satu kali lalu buka gas secara cepat untuk auto shift kedua dan dilanjut menekan tombol shift secara manual dengan cepat untuk ke mode ketiga.

Selanjutnya untuk posisi passing akselerasi atau ingin mendahului kendaraan para pengguna bisa menutup gas kemudian menekan shift 1-3 kali sesuai kebutuhan, buka gas sedikit atau konstan tergantung rpm.

"Lalu bisa dengan membuka gas secara cepat dan akan terasa dorongan instan pada motor atau merilis Y-Shift dengan menekan tombol mode satu kali lalu buka gas dengan cepat," tambahnya.

Deselerasi

4

Setelah memberikan informasi terkait akselerasi, kini fitur tersebut juga bisa digunakan saat deselerasi.

"Caranya tutup gas dengan menekan tombol shift 1-3 sesuai kebutuhan, dilakukan saat sebelum masuk atau ketika menikung," paparnya.

Ketika melakukan hal di atas ia mengatakan ban belakang motor tidak akan mengunci dan motor tetap stabil untuk dikendarai.

Hal ini juga dirasakan tim VOI saat menjajal jalur Dieng yang penuh lekukan, dan fungsi deselerasi sangat terasa mengurangi pengguna menggunakan pengereman.

"Ketika Kondisi jalan menurun panjang bisa melakukan shift secara berulang dengan menekan shift 1-3, kemudian tekan tombol mode 1 kali untuk release shift dan tekan tombol sfit kembali seusai kebutuhan," ucapnya.

Nah, bagi Anda yang memiliki Nmax Turbo namun masih bingung untuk memaksimalkan fitur yang ada, penjelasan di atas bisa menjadi acuan.