Bagikan:

JAKARTA - Sepeda motor bergaya petualang Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports ES model 2024 kini menyapa pasar Malaysia dengan membawa beberapa pembaruan.

Dilansir dari Paultan, Selasa, 18 Juni, salah satu perubahan yang dibawa pada motor tersebut ialah posisi pengendara yang lebih ergonomis dengan busa jok urethane lebih tebal 15 mm sehingga meningkatkan kenyamanan ketika mendudukinya. Selain itu, ketinggian tempat duduk juga dapat disesuaikan antara 820 mm dan 840 mm tanpa menggunakan alat.

Kemudian, fairing bagian depan Africa Twin juga mendapatkan penyegaran untuk perlindungan yang lebih baik dengan kaca depan yang dapat diatur secara ulang. Hal ini meminimalkan hembusan angin dan meningkatkan kenyamanan pengendara dalam perjalanan jauh.

Bagian kaki-kaki dilengkapi dengan rem cakram kembar berdiameter 310 mm kaliper empat piston pada bagian depan dengan pelek 19 inci dan cakram tunggal dengan satu piston pada bagian belakang bersama pelek 18 inci.

Untuk mengoptimalkan sistem pengereman, motor ini juga dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) di kedua ujung rodanya dan mitigasi pengangkatan roda belakang sebagai standar.

4

Pabrikan dari Jepang ini juga memberi suspensi yang handal dari Showa Electronically Equipped Ride Adjustment sebagai standar dengan suspensi travel depan dan belakang berukuran 200 mm. Demi mengakomodir pengendaraan yang lebih baik, dihadirkan empat mode suspensi, yakni Soft, Mid, Hard, dan Off-Road.

Rangkaian elektronik pada Africa Twin dilengkapi dengan IMU enam sumbu dan throttle ride-by-wire. Hal ini memungkinkan empat tingkat penyaluran tenaga dan tiga tingkat pengereman pada mesin. Honda Selectable Traction Control (HSTC) hadir dengan tujuh tingkat intervensi serta pilihan 'Off' untuk berkendara off-road.

Teknologi canggih lainnya pada motor ini ialah Wheelie Control yang ditawarkan dalam tiga level. Level 1 diperuntukkan bagi pengendara yang lebih memilih menghemat masa pakai ban depan dengan menjaga roda depan tetap tidak menyentuh tanah.

Kemudian, Level 2 memberikan sedikit pengangkatan dan Level 3 mencegah segala jenis pengangkatan roda depan.

Di posisi pengendara, dihadirkan juga layar Multi-Information Display (MID) 6,5 inci TFT touch-screen yang dapat terhubung ke Apple CarPlay dan Android Auto, memberikan integrasi mulus dengan ponsel pengendara.

Berbicara performanya, Africa Twin memiliki mesin 1.084 cc berpendingin cairan parallel-twin yang memberikan peningkatan torsi hingga 7 persen yang diklaim memiliki tenaga 102 dk pada 7.500 rpm dan 112 Nm pada 5.500 rom.

Sistem transmisi dual-clutch (DCT) enam percepatan juga ditingkatkan, memberikan rasa pergantian gigi lebih natural. Terdapat tiga mode girboks dengan 'MT' untuk perpindahan gigi manual menggunakan sakelar stang.

Sedangkan 'D' untuk berkendara di kota dan jalan raya, dengan pengoperasian otomatis penuh dan efisiensi bahan bakar maksimum. Kemudian Mode 'S' dengan tiga tingkat membuat putaran mesin sedikit lebih tinggi sebelum perpindahan gigi ke atas dan saat perpindahan gigi ke bawah lebih cepat saat melakukan pengereman.

Ditawarkan dalam dua warna, yakni Mat Ballistic Black Metallic dan Pearl Glare White, Honda Africa Twin ini dibanderol senilai 119.388 ringgit (sekitar Rp415,8 jutaan) dan akan tersedia di jaringan dealer Boon Siew Honda BigWing mulai 19 Juni.

CRF1100L Africa Twin Adventure Sports juga dijual di Indonesia oleh Astra Honda Motor (AHM) dengan banderol harga mulai dari Rp620,7 juta untuk tipe manual dan DCT senilai Rp659,8 juta On The Road DKI Jakarta.