Bagikan:

JAKARTA - Honda, merek otomotif ternama dari Jepang, berniat untuk menghadirkan versi produksi dari motor listrik pertamanya untuk pasar India, Activa. Untuk mempersiapkannya, perusahaan meningkatkan kapasitas produksinya dengan menambahkan dua jalur produksi di fasilitas Gujarat dan Karnataka.

Menurut laporan dari laman Gaadiwaadi, Sabtu, 20 April, upaya ini dilakukan dengan tujuan memenuhi permintaan kendaraan roda dua bermesin bensin dan listrik.

Pabrikan berlogo “H” ini berencana akan memulai produksi motor listrik pertamanya itu di pabrik Karnataka pada Desember 2024 mendatang dengan fokus pada perluasan dan pertumbuhan pasar.

Selain itu, Honda memiliki target meningkatkan pertumbuhan melebihi 15 persen untuk tahun 2024 hingga 2025. Lebih lanjut, pembangunan produksi lini ketiga di pabrik Gujarat diperkirakan akan menghasilkan tambahan volume sekitar 6.600 unit.

Diharapkan kemunculan Activa EV dapat mempercepat tren ini mengingat permintaan kendaraan listrik roda dua di India cukup tinggi.

Sebenarnya Honda telah lama menggarap Activa listrik, namun nampaknya mengalami penundaan. Bahkan pada tahun 2020 pabrikan tersebut sempat menepis pembicaraan mengenai kehadiran motor tersebut.

Terdapat beberapa kendala yang memang diungkapkan Honda, seperti harga baterai, hingga kurangnya infrastruktur pengisian daya yang memadai. Namun, seiring dengan perkembangan yang signifikan selama tiga tahun terakhir, Honda bersiap meluncurkan Activa EV.

Selain Activa EV, Honda juga sedang berupaya mengembangkan dua model kendaraan roda dua listrik serta baterai yang akan dirakit secara lokal di India. Dikabarkan sistem pertukaran baterai sedang dipertimbangkan.