Kembaran MX King Mendapat Pembaruan di Malaysia, Harga Hampir Rp40 Jutaan
Yamaha Y16ZR ABS 2024 berwarna Ocean Neon. (Dok. Paultan)

Bagikan:

JAKARTA - Yamaha kembali memperluas jajaran motor bebeknya di Malaysia dengan meluncurkan Y16ZR ABS 2024 dengan desain yang agresif dan sporty. Motor ini menawarkan beberapa perubahan dari versi sebelumnya.

Dilansir dari Paultan, Selasa, 23 Januari, Yamaha Motor Hong Leong, selaku distributor motor Yamaha di negeri jiran, menghadirkan model tersebut dengan beberapa perubahan, meliputi penutup dan panel depan yang didesain ulang dilengkapi DRL LED.

Disamping panel instrumen LCD, terdapat beberapa sisipan karet telah ditambahkan untuk meningkatkan kesesuaian dan estetika.

Sama seperti namanya, Y16ZR kini hadir dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS) pada bagian roda depan, yang bekerja pada cakram hidrolik tunggal serta kaliper rem dua piston. Sama seperti bagian depannya, pengereman belakang juga mengusung hidrolik dan kaliper piston tunggal.

Sementara itu, bagian roda gigi dan suspensi tidak memiliki perubahan sama sekali. Pabrikan dengan logo ‘garputala’ tersebut mengusung garpu teleskopik dan monoshock preload yang dapat disesuaikan di depan dan belakang.

7

Motor yang merupakan kembaran MX King di Indonesia ini memakai ukuran ban 90/80-17 di bagian depan dan 120/70-17 pada belakangnya dengan menciptakan bobot 119 kg dengan tangki bahan bakar berukuran 5,4 liter.

Yamaha tetap mempertahankan mesin yang sama seperti sebelumnya pada motor ini dengan silinder tunggal berpendingin cairan 155 cc SOHC VVA, digabungkan dengan sistem girboks enam percepatan ditambahkan assist dan slipper clutch. Dengan demikian, Y16ZR ABS menghasilkan tenaga 17,7 dk dan torsi 14,4 Nm.

Dihadirkan dengan tiga opsi warna, yakni Violet Knight, Ocean Neon, dan Mag Greg, motor bebek tersebut dibanderol dengan harga mencapai 11.398 ringgit atau setara dengan Rp37,7 jutaan.