Bagikan:

JAKARTA - Ban adalah salah satu komponen krusial pada motor yang harus selalu dijaga dengan baik. Kurangnya perhatian terhadap kondisi ban bisa berakibat serius, tidak hanya bagi pengendara itu sendiri, tetapi juga bagi pengguna jalan lainnya.

Terdapat beberapa ciri ban motor yang sudah semestinya harus diganti. Lantas apa saja? Kali ini Andi Saeful, seorang teknisi berpengalaman dari Planet Ban di Depok, Jawa Barat, membagikan beberapa tanda yang harus diperhatikan untuk mengetahui kapan waktu mengganti ban motor. 

"Setiap ban memiliki Tread Wear Indicator (TWI) yang terletak di telapak ban. Ketika indikator ini mencapai batas tertentu, itu adalah tanda bahwa ban harus segera diganti," jelasnya.

TWI biasanya berada di bagian tengah telapak ban, biasanya pada dinding ban ada tanda segitiga yang mengarahkan di mana indikator keausan tersebut.

Namun, tanda-tanda lain juga perlu diperhatikan adalah retakan pada bagian samping ban. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada jarak waktu yang pasti untuk mengganti ban, karena hal ini bergantung pada jenis ban dan bagaimana penggunaannya.

"Jika kita bicara tentang ban keras, biasanya perlu menggantinya setiap dua tahun. Tapi tentunya ini juga tergantung pada bagaimana penggunaan kendaraan," tambahnya.

Selain itu, perlu juga memeriksa keausan ban secara menyeluruh. Jika bagian tengah ban sudah aus sementara sisi lainnya masih memiliki alur ban yang baik, itu juga adalah tanda bahwa ban perlu diganti. Ini menunjukkan bahwa ketebalan ban tidak lagi merata dan bisa berdampak negatif pada kinerja kendaraan.

Jadi, ingatlah untuk selalu memeriksa kondisi ban secara rutin. Keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya bergantung pada ban yang dalam kondisi baik. Tetap aman di jalan!