Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi merilis mobil listrik pertamanya, SU7, yang mendapat sambutan hangat di pasar China. Namun, kini muncul tiruannya yang mencuri perhatian.

Dilansir dari Carnewchina, Senin, 28 Oktober, jika Xiaomi SU7 hadir dengan bentuk sedan elegan, maka model tiruannya, Yunlei, mencoba peruntungannya di segmen SUV.

Secara tampilan, Yunlei EV terlihat sangat mirip dengan Xiaomi SU7. Mulai dari desain fascia depan dengan lekukan yang serupa, hingga desain lampu yang hampir identik. Bahkan, warna bodi "Blue Bay" yang khas Xiaomi turut hadir pada model ini.

4

Yunlei EV masuk dalam kategori kendaraan listrik berkecepatan rendah atau Low-Speed Electric Vehicle (LSEV) yang populer di China. Mobil ini memiliki dimensi kecil, dengan jangkauan dan kecepatan yang lebih terbatas dibandingkan kendaraan listrik konvensional.

Diproduksi di Gaotang, Provinsi Shandong, sekitar empat jam perjalanan dari Beijing, Yunlei EV dibuat oleh Shandong Yanlu New Energy. Pengguna media sosial China bahkan menjuluki mobil ini sebagai "Redmi SU7," merujuk pada lini smartphone terjangkau dari Xiaomi.

Sementara itu, Xiaomi SU7 sebagai model asli hadir dalam tiga varian di China. Varian dasarnya dilengkapi baterai 73,6 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 299 hp, dengan daya jelajah hingga 700 km menurut standar CLTC. Fitur pengisian cepatnya memungkinkan mobil menempuh jarak 310 km hanya dengan 15 menit pengisian daya. Harga varian ini dibanderol 215.900 yuan atau sekitar Rp474 juta.

Di pasar China, LSEV memang dikenal luas karena menawarkan versi tiruan kendaraan populer dengan harga yang lebih terjangkau. Sebelumnya, model seperti Bodo BD10 yang menyerupai Hummer H2, dan replika Bugatti Chiron hingga Volkswagen UP, juga sempat menarik perhatian.