Bagikan:

JAKARTA - Mobil listrik dengan dimensi mungil tentunya cocok digunakan di perkotaan, termasuk model Seres E1 yang dipasarkan melalui PT Sokonindo Automobile.

Meluncur tahun lalu, kali ini Tim VOI berkesempatan menjajal mobil satu ini dengan rute Jakarta-Pantai Indah Kapuk dan kembali lagi ke Jakarta.

Lantas bagaimana rasa berkendaranya? Sebelum membahas sensasi berkendaranya, belum lengkap kalau tidak melihat desain dari mobil mungil ini.

Desain

Seres E1 hadir dengan desain eksterior yang ringkas, tapi tetap terlihat stylish. Ukurannya yang kompak memudahkan pengemudi untuk bermanuver di area sempit dan ideal untuk mobilitas perkotaan.

Kombinasi lampu LED juga menambah kesan elegan mobil satu ini dan tentunya dapat meningkatkan visibilitas dan keamanan.

Rasa Berkendara

Mobil satu ini juga menawarkan posisi duduk pengemudi yang tergolong nyaman. Visibilitas ke arah depan juga cukup luas dan meningkatkan keamanan pengguna.

Kehadiran panel instrumen digital dan fitur infotainment menjadikan pengalaman berkendara semakin menyenangkan.

Mobil listrik Seres E1/(VOI/Afrizal Abdul Rahman).

Perjalanan dimulai dari diler Seres yang berlokasi di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Saat perjalanan dimulai kapasitas baterai 16,8 kWh ini tidak terisi penuh hanya 98 persen.

Ketika melewati macetnya jalan perkotaan, memang mobil satu ini cukup menarik. Handling juga tergolong nyaman yang membuat pengemudi bisa bermanuver dengan sempurna.

Memasuki jalan tol menuju PIK 1, mode berkendara Eco memang membuat tenaga mobil ini tak tergolong mendorong. Namun, ketika diubah menjadi mode Sport, sungguh lebih bertenaga.

Soal kenyamanan lainya, dari sisi suspensinya tergolong agak keras, selebihnya cukup menyenangkan.

Sebagai pengguna baru mobil listrik, terutama model ini, tampaknya membutuhkan waktu penyesuaian. Soalnya, pengaturan mode berkendara terletak dibagian dekat dengan setir.

Selain itu, untuk membuka jendela juga berada di bagian tengah. Tergolong agak membingungkan karena tidak terletak di konsol dekat pintu, seperti mobil pada umumnya.

Mobil listrik Seres E1/(VOI/Afrizal Abdul Rahman).

Sebagai catatan, mobil satu ini dilengkapi dengan baterai lithium ion phosphate (li Pho) dengan kapasitas 13.800 watt dan mampu menghasilkan tenaga 38 tk dan torsi 100 Nm.

Sesampainya di lokasi semula, sisa baterai mobil ini tinggal 45 persen, dengan menghabiskan kurang lebih 100 km perjalanan. Totalnya, hanya menghabiskan daya baterai 56 persen.

Fitur

Seres E1 juga dibekali dengan berbagai fitur keamanan, meliputi antilock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), hill hold control, kamera parkir, cruise control, serta mode berkendara yang terdiri dari Eco dan Sport.

Semua fitur tersebut tentunya sangat membantu pengguna apalagi ketika melewati jalan macet.

Harga dan Pilihan Warna

Mobil satu ini punya empat pilihan warna yang fun, mulai dari fairy green, oxygen blue, mist rose, dan elegant white.

Seres E1 dipasarkan mulai dari Rp189 juta, mengikat dengan garansi delapan tahun untuk baterai, garansi tiga tahun untuk jaminan kendaraan, serta bebas perawatan selama tiga tahun.

Kesimpulan

Secara keseluruhan mobil satu ini menawarkan kenyamanan yang baik, tapi ada beberapa hal yang memang harus dibiasakan untuk pengoperasiannya.