Bagikan:

JAKARTA - Salah satu lini mild hybrid dari Subaru, yakni Crosstrek e-Boxer akan masuk ke pasar Thailand pada tahun depan. Jelas crossover bertubuh kompak ini akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan versi ICE murni.

Melansir dari Headlight Magazine, Selasa, 9 September, mobil generasi ketiga tersebut kemungkinan akan dijual seharga 1,8 juta baht (Rp822 juta) atau lebih tinggi dari versi generasi kedua yang dipatok 1,055 juta baht (Rp481,8 juta).

Dibangun di atas Subaru Global Platform (SGP) yang diperbarui, Crosstrek menampilkan desain yang lebih ekspresif dibandingkan model lainnya dengan menonjolkan lampu depan trapesium kecil yang mengapit grill heksagonal besar dengan sudut bumper depan plastik hitam tebal berbentuk C.

Kemudian, mobil tersebut menampilkan tonjolan sepatbor yang menunjukkan kesan gagah pada mobil ini serta lampu belakang berpola ‘C’ yang khas.

Berpindah ke bagian interior, Crosstrek memiliki layar sentuh infotainmen portrait berukuran 11,6 inci yang menggantikan head unit serta layar tambahan tengah. Kemudian, mobil ini diberi sistem bantuan pengemudi EyeSight dengan kamera monokuler untuk mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Diperkirakan spesifikasinya sama dengan yang ditawarkan di Jepang, yakni ditenagai mesin bensin 4-silinder datar FB20 2,0 liter naturally-aspirated yang memberikan tenaga 145 ps dan torsi maksimal 188 Nm. Jantung pacunya dipasangkan dengan sistem mild-hybrid 48V yang terdiri dari penggerak listrik MA1 berkekuatan 13,6 ps dan torsi 65 Nm dengan baterai 0,57 kWh yang dapat mengeluarkan total tenaga hingga 150 ps dan torsi 196 Nm.

Performanya digabungkan dengan sistem penggerak semua roda simetris dengan transmisi CVT Lineartronic yang memberikan konsumsi BBM mencapai 15,8 km/l menurut WLTP.

Crosstrek e-Boxer akan menjadi yang pertama dari lima mobil yang diluncurkan di Thailand pada tahun 2025 mendatang, selain Forester e-Boxer, versi terbaru Outback, WRX, dan BRZ.

Di Indonesia, Subaru menjual Crosstrek versi 2.0i-S EyeSight yang dibanderol dengan harga Rp549,5 juta On The Road DKI Jakarta. Akan menjadi hal menarik bila pabrikan berlogo ‘enam bintang’ ini menyediakan versi mild hybrid ini untuk pasar tanah air.