Bagikan:

JAKARTA - GR Supra GT4 EVO2, mobil balap terbaru dari Toyota Gazoo Racing (TGR), hadir dengan sejumlah peningkatan signifikan. Berkat masukan dari para pembalap profesional, mobil ini kini memiliki performa pengereman dan akselerasi yang lebih baik, serta sistem pendinginan yang lebih efisien. Perubahan ini membuat GR Supra GT4 EVO2 lebih mudah dikendalikan dan lebih kompetitif di lintasan balap.

Melansir dari laman resmi Toyota, Sabtu, 24 Agustus, peningkatan tersebut terdiri dari sistem anti-lock braking system yang disetel ulang, memungkinkan pembalap dapat menikung dalam keadaan apapun.

Selain itu, divisi tersebut juga mengurangi waktu downshifting dengan menyempurnakan pencocokan putaran melalui pembaruan perangkat lunak, sehingga meningkatkan kontrol deselerasi selama pengereman untuk meningkatkan kecepatan menikung.

Kemudian, TGR juga meningkatkan performa pendinginan mesin, rem, dan drivetrain. Suhu kokpit juga telah dioptimalkan untuk membuat mobil lebih mudah dikendarai dalam kondisi yang sulit sehingga performa tinggi pada kendaraan dapat dipertahankan.

Sementara, waktu penurunan gigi telah dikurangi dengan menyempurnakan pencocokan putaran melalui pembaruan perangkat lunak, yang mengarah pada peningkatan kontrol perlambatan selama pengereman untuk meningkatkan kecepatan menikung.

Selain itu, selain meningkatkan kinerja pendinginan mesin, rem, dan drivetrain, suhu kokpit juga telah dioptimalkan agar mobil lebih mudah dikendarai bahkan dalam kondisi yang sulit, sehingga membantu mempertahankan tingkat kinerja yang tinggi.

6

Peningkatan ini membuat GR Supra GT4 EVO2 lebih mudah dikendarai tidak hanya bagi pembalap profesional tetapi juga bagi pembalap amatir yang berambisi berkompetisi dalam balapan GT4 di seluruh dunia.

GR Supra GT4 EVO2 akan mulai debut pada Januari 2025 dalam ajang balap IMSA Michelin Pilot Challenge di Daytona atau balapan pendukung menjelang gelaran akbar 24 Hours Daytona di Amerika Serikat (AS).

Penjualannya akan ditangani oleh divisi balap Toyota di berbagai belahan dunia mulai Toyota Gazoo Racing Europe GmbH di Eropa, TRD U.S.A Inc untuk Amerika Utara, Toyota Customizing and Development Co Ltd di Jepang dan Asia lainnya, serta Toyota Motor Investment Co Ltd di China.

Tim balap yang ingin memiliki mobil tersebut dapat merogoh kocek sekitar 202.000 euro atau setara dengan Rp3,487 miliar. Kemungkinan harga dapat berbeda-beda di setiap wilayahnya berdasarkan penilaian menyeluruh terhadap nilai tukar, biaya pengiriman, dan lainnya.

Sejak diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 2020 lalu, GR Supra GT4 berhasil terjual sebanyak 120 unit dan telah menorehkan prestasi dengan memenangkan balap balap GT4 di 11 negara dan regional serta memperoleh lebih dari 500 podium.