Bagikan:

JAKARTA – Ada yang berbeda di booth PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) pada ajang GIIAS 2024 kali ini, yaitu hadirnya Isuzu ELF yang diubah menjadi mobile EV Charger.

Isuzu ELF Mobile EV Charger Concept Astra Otopower diharapkan dapat berperan penting dalam ekosistem kendaraan listrik dan membantu meningkatkan adopsi mobil listrik di Indonesia. Ini adalah hasil kolaborasi antara Isuzu dan PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts), yang memiliki jaringan pengisian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) bernama Astra Otopower. Inovasi ini diposisikan sebagai Mobile Charging Station.

"Kali ini, kami bersama Astra Otoparts yang merupakan bagian dari Astra Group dan karoseri Delima Mandiri, menghadirkan inovasi terkini yaitu Isuzu ELF Mobile EV Charger Concept Astra Otopower yang siap mendukung mobilitas kendaraan listrik di Tanah Air," kata Yusak Kristian, President Director PT IAMI, di GIIAS, Selasa, 23 Juli.

5

Isuzu ELF Mobile EV Charger Concept Astra Otopower menggunakan basis Isuzu ELF NLR yang dikenal fungsional dan serbaguna. Truk ini memiliki panjang 4.700 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 2.205 mm, jarak sumbu roda 2.490 mm, dan mampu membawa beban hingga 3.260 kg.

"Kehadiran Isuzu ELF Mobile EV Charger Concept Astra Otopower di GIIAS 2024 diharapkan dapat menjadi solusi bagi keterbatasan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang belum tersebar luas, sehingga memudahkan pemilik kendaraan listrik dalam mengisi daya baterai," tambahnya.

5

Lebih lanjut, charger yang digunakan adalah milik Astra Otoparts, dengan daya 150KW dan mampu mengisi berbagai jenis kendaraan listrik dengan arus DC.

"Isuzu ELF Mobile EV Charger Concept Astra Otopower akan dioperasikan untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik ke depannya, khususnya ketika pemilik kendaraan listrik menghadapi situasi darurat terkait kapasitas baterai mobilnya. Operasional Isuzu ELF Mobile EV Charger Concept Astra Otopower nantinya akan menyesuaikan dengan jumlah dan lokasi kendaraan listrik, serta menjadi solusi bagi kendaraan listrik yang membutuhkan pasokan daya listrik secara mendesak," jelas Martogi Siahaan, Direktur Astra Otoparts.