Bagikan:

JAKARTA - Produsen kendaraan listrik asal China yaitu Xpeng mulai melakukan pre order mobil listrik G6 di Australia yang akan menjadi penantang kuat Tesla Model Y.

Nah, jika menyasar pasar Tesla Model Y harga untuk mobil listrik G6 tentunya harus bersaing, di mana mengacu laman Tesla Australia Model Y hadir dalam tiga varian dan terendah dibanderol mulai dari 55.900 dolar Australia atau kisaran Rp609 jutaan, sedangkan untuk varian tertinggi menyentuh angka 82.900 dolar Australia atau Rp904 juta.

Mengutip dari laman Drive, Selasa, 25 Juni, dibukanya pre order SUV listrik tersebut menandakan kehadiran merek tersebut untuk pasar Australia, dan harga resminya akan diumumkan bulan September.

Jenama asal China tersebut menghadirkan Xpeng G6 dengan dua varian yaitu Standar dan Long, di mana keduanya memiliki perbedaan dari jarak tempuh dan akselerasi.

6

Bicara varian Standar dari G6 hadir dengan baterai lithium-ion 66kWh yang menawarkan jangkauan berkendara hingga 435 kilometer (standar WLTP), dengan satu motor listrik yang mengirimkan tenaga 190 kW dan 440 Nm ke roda belakang, yang memungkinkan untuk akselerasi menempuh jarak 0-100km/ jam hanya dalam waktu 6,9 detik.

Sementara itu, untuk varian Long disematkan baterai 87,5kWh meningkatkan jangkauan berkendara hingga 570km (WLTP), sementara tenaga dari motor listrik belakang meningkat menjadi 210kW (torsi tetap pada 440Nm) – mengurangi waktu 0-100km/jam yang diklaim menjadi 6,7 detik.

6

Keduanya tetap menggunakan arsitektur listrik 'Xpower' 800 volt, dengan pengisian daya dua arah Vehicle-to-Load (V2L) yang artinya dapat memberikan arus listrik untuk kebutuhan lain, termasuk rumah. Pengisian daya mobil satu ini juga mumpuni 10-80 persen hanya dalam 20 menit.

Lebih detailnya, Xpeng menawarkan lima pilihan warna untuk G6 di Australia, mulai dari Arctic White, Silver Frost, Graphite Grey, Midnight Black, atau Fiery Orange, dengan interior kulit imitasi hitam atau putih, serta satu set pelek berukuran 20 inci menjadi standar untuk kedua varian.

Seperti disebutkan di atas diperkirakan harga mobil ini diumumkan pada bulan September, dan pengiriman ke pelanggan akan dimulai pada kuartal keempat di tahun yang sama.