Persaingan Sengit Hatchback EV Baru di Tanah Air: MG4 EV vs BYD Dolphin
BYD Dolphin. (Dok. BYD)

Bagikan:

JAKARTA - BYD, perusahaan otomotif dari China resmi merilis harga kendaraannya melalui gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Salah satu kendaraan menarik yang dihadirkan BYD adalah Dolphin.

Model ini akan mengisi segmen hatchback bertenaga listrik sekaligus meramaikan pangsa mobilitas ramah lingkungan di Indonesia. Namun, Dolphin harus berhadapan dengan model lainnya dari merek pesaing.

Sebelumnya, MG telah terlebih dahulu membawa MG4 EV ke tanah air sejak tahun 2023. Pada awal tahun ini, merek asal Inggris ini mengumumkan produksi lokal untuk model ini sehingga harganya akan kompetitif dengan mobil listrik lainnya.

Keduanya merupakan pendatang baru di industri otomotif Indonesia, kira-kira model mana yang paling unggul? Berikut perbandingkan BYD Dolphin dan MG4 EV berdasarkan penelusuran VOI, Sabtu, 17 Februari:

Dimensi

Dalam hal ukuran, MG4 EV memiliki dimensi yang luas dan lega sehingga mampu mengakomodir mobilitas perkotaan dengan panjang 4.287 mm, lebar 1.836 mm, tinggi 1.516 mm, dan wheelbase 2.705 mm.

Kemudian, BYD Dolphin mengusung ukuran yang lebih kompak dengan panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.570 mm, dan wheelbase 2.700 mm.

6
MG4 EV. (Dok. Mg Motor)

Performa Motor Listrik

Dari segi daya pacu, MG4 EV lebih unggul dibandingkan dengan rivalnya ini. Hatchback tersebut dibekali dengan motor listrik berpenggerak roda belakang dan menghasilkan tenaga hingga 167 dk. Sementara itu, BYD Dolphin hanya memiliki motor listrik berkekuatan hingga 70 dk.

Perbandingan Jarak Tempuh

Dalam hal jarak tempuh, MG4 EV kembali unggul dengan memiliki kapasitas baterai 51 kWh yang menghasilkan jarak tempuh hingga 425 km dalam keadaan baterai penuh. Sedangkan, BYD Dolphin memiliki baterai 44,9 kWh yang memiliki kemampuan jangkauan hingga 340 km.

Harga

Kedua model ini memiliki patokan harga yang kompetitif dengan MG4 EV memiliki harga lebih mahal senilai Rp433 juta. Sementara itu, BYD Dolphin memiliki harga sedikit di bawahnya dengan Rp425 juta On The Road DKI Jakarta.

Kesimpulan

MG4 EV memiliki sejumlah keunggulan namun BYD Dolphin bisa menjadi pengganggu dengan menawarkan berbagai kecanggihan dengan harga yang lebih terjangkau.