Bagikan:

JAKARTA - Pecinta otomotif, bersiaplah terkagum. Ada mahakarya otomotif luar biasa yang akan dilelang oleh rumah lelang RM Sotheby's di Arizona, AS pada 25 Januari mendatang dan ini bukan sembarang mobil balap. Ini adalah Ford GT Mk II, monster trek sejati yang diproduksi hanya 45 unit di dunia, dan yang satu ini bahkan belum pernah menyentuh aspal sirkuit.

Dilansir dari laman RM Sotheby's, 18 Desember, dengan odometer yang baru menunjukkan 43,9 km, Ford GT Mk II tahun produksi 2021 ini jelas jarang sekali dipakai oleh pemiliknya. Bodi putihnya dihiasi garis tengah karbon fiber dan aksen biru yang elegan, dilengkapi livery kustom eksklusif pada sayap belakang. Sementara, pelek Forgeline Satin Graphite semakin menambah kesan garang pada wujud agresifnya.

6

Tapi kecantikan bukanlah satu-satunya senjata GT Mk II. Di balik kulit karbon fibernya, tersimpan mesin EcoBoost V6 3,5 liter twin-turbo yang buas, menghasilkan tenaga 700 dk atau lebih 53 dk dari GT biasa dan hampir 200 dk lebih dari spesifikasi kompetisi mobil balap. Tenaga dahsyat tersebut disalurkan melalui transmisi kopling ganda Getrag 7DCL750 yang telah ditingkatkan.

8

Tak hanya mesin, aerodinamika GT Mk II pun tak main-main. Sayap belakang ganda yang menggantikan unit aktif pada versi standar diklaim menghasilkan downforce 400 persen lebih besar dibanding GT biasa, dan mampu menahan gaya lateral hingga 2,0 g! Rem Brembo karbon-keramik di keempat roda memastikan daya henti yang sepadan dengan performanya.

8

Masuk ke dalam kabin, aura balap kental terasa. Lingkar kemudi karbon fiber, dashboard minimalis dengan kontrol tambahan, dan jok balap Sparco FIA-certified siap menyambut pengemudi. Opsi jok penumpang juga tersedia bagi yang ingin berbagi sensasi. Roll cage lengkap dengan harness 6 titik dan sistem pemadam kebakaran menjamin keselamatan saat beraksi di sirkuit.

GT Mk II dengan nomor rangka 031 ini dilengkapi opsi pabrik senilai lebih dari 134.000 dolar AS atau Rp2,08 miliar termasuk jok penumpang, cooling suit, kamera Motec V2, sistem air-jack onboard, pembaca kode Mk II, dive planes HD, dan lapisan pelindung cat. Tak ketinggalan knalpot silent opsional, stand untuk sistem air-jack, satu set velg tambahan dengan ban terpasang, dan satu set ban slick Michelin balap.

Ford GT Mk II #031 adalah puncak evolusi performa Ford, ideal bagi kolektor Blue Oval, pecinta balap, dan pengemudi yang haus adrenalin sejati. RM Sotheby's memperkirakan harga lelangnya di angka 900 ribu-1,1 juta dolar AS atau setara Rp13,9 miliar-Rp15,5 miliar.