Kabar Terbaru dari Rangga Concept 2024, Ada Opsi Diesel
Toyota Rangga Concept. (Dok. Toyota-Astra Motor)

Bagikan:

JAKARTA - Informasi lebih lanjut mengenai Toyota IMV 0 atau Rangga Concept muncul menjelang peluncurannya di pasar ASEAN pada 2024 atau 2025 mendatang. Diketahui bahwa model ini akan mendapatkan beberapa konfigurasi.

Mobil ini tidak hanya menyasar pasar Asia Tenggara, melainkan akan menyapa beberapa negara di Asia. Ini diperkuat oleh Koji Sato, CEO Toyota, mengatakan bahwa pikap tersebut akan segera diluncurkan untuk wilayah Asia dalam beberapa waktu mendatang.

Dilansir dari Paultan, Kamis, 16 November, mengatakan bahwa model ini dijual di Thailand dengan nama Hilux Champ dan diposisikan di bawah dari Hilux sebagai kendaraan pikap tangguh yang serbaguna.

Meskipun demikian, IMV 0 bukanlah sebuah pikap berukuran kecil. Model tersebut memiliki panjang 5.300 mm, lebar 1.785 mm, tinggi 1.740 mm, dan wheelbase 3.085 m. Dengan demikian, mobil ini sedikit lebih pendek 25 mm dibandingkan Hilux, namun lebih lebar 235-270 mm dibandingkan model dari saudaranya. Namun, hal menarik lainnya ialah kedua pikap tersebut memiliki wheelbase yang sama, menunjukkan bahwa model-model ini menggunakan rangka yang sama.

Meski demikian, IMV 0 memakai konfigurasi kabin tunggal yang berbeda dengan Hilux yang mengusung double-cabin. Dalam memaksimalkan utilitas, Toyota telah bekerja sama dengan para upfitter untuk membangun pasar purnajual yang potensial.

Meski detail sumber tenaga internalnya tidak disebutkan, namun pikap tersebut diperkirakan memakai mesin 1TR-FE 2,0 liter 4-silinder segaris dari Hilux yang menghasilkan tenaga 139 dk dan torsi 185 Nm digabungkan dengan transmisi manual lima percepatan.

Lebih lanjut, dikabarkan opsi diesel juga ditawarkan dengan mesin 2GD-FTV 2,4 liter 4-silinder segaris turbodiesel menghasilkan daya 148 dk dan torsi 400 Nm dengan penggerak empat roda dan roda belakang sebagai opsional.

Toyota IMV 0 atau Rangga Concept, telah dipamerkan di tanah air tepatnya dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu dan Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2023 pada akhir September lalu.

Pada kedua gelaran tersebut, pabrikan memamerkan pikap tersebut yang diubah menjadi kendaraan niaga seperti ‘Mobile Café’ yang siap menyediakan kopi di mana pun dan kapan pun dan dalam wujud ‘Pace Car’ yang akan memandu jalannya balapan di trek.