Huawei Rilis SUV Listrik Aito M9, Harga di Atas Rp1 Miliar
Aito M9. (Dok. Carnewschina)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Huawei merilis mobil listrik yang masuk ke dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV) bernama Aito M9, yang diklaim dapat menyaingi berbagai pabrikan ternama seperti Mercedes-Benz.

Model SUV ini lahir hasil kerjasama antara Huawei dan Seres, yang merupakan produsen mobil listrik asal China di bawah naungan Sikon Group, dikutip dari laman ArenaEV, Jumat, 20 Oktober.

Keduanya mengemban tugas berbeda, di mana Huawei hanya melengkapi motor listrik yang tertanam, chip hingga berbagai sensor. Sementara Seres mengambil langkah sebagai pembuat atau manufaktur.

Hasil kerja sama ini melahirkan dua tipe dari Aito M9, yakni varian baterry electrical vehicle (BEV) memiliki dua e-motor yang menghasilkan tenaga 530 dk. Di sisi lain, versi EREV (range extender) menghasilkan tenaga 496 dk dan dilengkapi mesin pembakaran internal 1,5 liter yang berfungsi sebagai generator.

Untuk detailnya, mobil listrik tersebut memiliki dimensi panjang 5.230 mm, lebar 1.999 mm, tinggi 1.800 mm dan wheelbase 3.110 mm. Dari dimensinya mengungguli kompetitor, seperti SUV Mercedes-Benz EQE dan BMW iX.

Keduanya menargetkan jumlah produksi yang luar biasa dengan 700.000 kendaraan setiap tahunnya, target yang dinilai ambisius untuk sebuah mobil baru. Pabriknya sendiri berlokasi di Chongqing, China.

Seperti diketahui, Aito sendiri telah memiliki dua mobil dalam segmen yang sama, dan untuk hasil kerjasama ini dikabarkan akan hadir pada Desember 2023.

Menyoal harga, Aito M9 dibanderol bagi pelanggan dalam negerinya sekitar 500.000 hingga 600.000 yuan atau sekitar Rp 1,02 miliar hingga Rp 1,2 miliar tergantung modelnya.