Volvo Membawa Pembaruan Jajaran Model PHEV ke Pasar Malaysia
Volvo XC90 Recharge. (Dok. Volvo Cars)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa Minggu terakhir, banyak pabrikan otomotif ternama merilis kendaraannya di Malaysia termasuk yang terbaru adalah pabrikan mobil asal Swedia, Volvo.

Volvo kembali memperkuat pasarnya di wilayah Asia Tenggara dengan menghadirkan pembaruan pada jajaran model elektrifikasinya yaitu beberapa model Plug-In Hybrid (PHEV) di pasar Malaysia, yakni XC90, XC60, S90, S60, dan V60. Tentunya, pembaruan tersebut meliputi beberapa aspek, salah satunya dalam hal fitur kendaraan.

Dilansir dari Paultan, Selasa, 12 September, semua model PHEV yang ditawarkan di Negeri Jiran tersebut telah dilengkapi panoramic sunroof. Selain itu, semua model juga tersedia dengan opsi warna terbaru, yaitu Vapour Grey, yang akan menyusul beberapa warna sebelumnya.

Lebih lanjut, bagian eksterior juga mendapat pembaruan dengan desain pelek yang ciamik. Untuk S90 Recharge mendapatkan desain pelek delapan palang, sedangkan untuk S60 Recharge dan V60 Recharge mendapatkan desain terbaru pelek enam palang.

Pelanggan juga akan mendapatkan akses lima tahun layanan digital di dalam mobil ini yang terdiri dari Google Assistant, Google Maps, Google Play Store, dan aplikasi Volvo Cars sebagai remote yang fungsional.

Pembaruan jajaran PHEV Volvo tersebut juga menghadirkan On-Board Charging (OBC) yang diperbarui dan lebih bertenaga dari sebelumnya dengan menghasilkan pengisian daya dua atau tiga fase hingga 6,4 kW.

Dengan demikian, pengisian daya tersebut diperkirakan akan mengisi pengisian daya dari lima jam menjadi tiga jam saat berada dalam 2,6 kW. Pengisi daya baru memerlukan waktu empat jam untuk mengisi penuh pada 4,0 kW, atau tujuh jam pada 2,4 kW.

Meskipun pengisian daya ditingkatkan, namun Volvo tidak melakukan perubahan dalam sektor baterai dalam jajaran PHEV 2024. Yang artinya, Volvo tetap mempertahankan baterai lithium-ion 18,8 kWh menghasilkan jangkauan 70 hingga 90 km saat mobil melaju dengan tenaga listrik murni.

Namun, perubahan dihadirkan dari sektor jantung pacu yang menawarkan peningkatan daya dari motor listrik menjadi 143 dk dan digabungkan dayanya dengan mesin bensin 2,0 liter turbocharged dan supercharged 4-silinder menjadi 455 dk dan torsi 709 Nm.

Volvo Malaysia telah merilis harga untuk jajaran model PHEV. Untuk model XC90 Recharge dibanderol seharga 432.888 ringgit Malaysia atau sekitar Rp1,4 miliar. Lalu, untuk model XC60 Recharge dijual dengan nilai 355.888 ringgit atau seharga Rp1,1 miliar.

Untuk tiga model lainnya, yaitu S90 Recharged dibanderol 370.888 ringgit atau setara Rp1,2 miliar, Volvo S60 Recharge dengan harga 313.888 ringgit atau sekitar Rp1 miliar, dan V60 Recharge dibanderol 321.888 ringgit atau senilai Rp1,055 miliar.