Ferrari Kenalkan Roma versi Atap Terbuka, Ngebut sambil Nikmati Angin
Ferrari Roma Spider. (Dok. Ferrari)

Bagikan:

JAKARTA - Ferrari pabrikan mobil asal Italia baru meluncurkan Ferrari Roma dengan varian "atap terbuka" pertamanya sejak Ferrari 430 Spider yang dipensiunkan tahun 2010.

Dikenal sebagai Ferrari Roma Spider, mobil tersebut mengambil inspirasi dari Ferrari Portofino M. Roma Spider dikerjakan ulang pada bagian belakang dengan memasangkan bak serat karbon yang sama dengan varian coupe.

Ada tambahan pada beberapa bagian seperti retraksi atap, deflektor angin, serta sandaran kepala yang menyatu dengan kursi belakang. Tambahan lainnya ialah Roma Spider memakai soft top. Diketahui Roma Spider adalah mobil Ferrari atap terpal (soft-top) dengan mesin depan pertama sejak model 365 GTS4 tahun 1969.

Soft-top dibuat dari kain lima lapis yang dapat dibuka dalam waktu 13,5 detik sembari mobil melaju dengan kecepatan hingga 60 km/jam. 

Ferrari Roma Spider masih menggunakan spesifikasi mesin yang sama dengan varian coupe. Dengan dibekali V8 twin-turbocharged 3,9 liter yang digabungkan dengan gearbox otomatis kopling ganda delapan percepatan, dapat menghasilkan daya sebesar 620 dk.

Diyakini meski melaju dengan atap terbuka yang dapat mempengaruhi aerodinamis pada mobil, kemungkinan Ferrari Roma Spider tetap menyamai kecepatan Coupe yang dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,4 detik dan dapat mengebut hingga 320 km/jam.

Ferrari belum mengumumkan mengenai banderol harganya. Namun, ada kemungkinan bila versi Spider ini akan lebih mahal bila dibandingkan dengan Coupe yang bisa dijual lebih dari 170.000 poundsterling atau kisaran melebihi Rp3,1 miliar.