Bagikan:

YOGYAKARTA - Rem tromol menjadi salah satu elemen penting dalam kendaraan baik motor maupun mobil.  Rem tromol berperan dalam sistem pengereman untuk menghentikan atau memperlambat kecepatan mobil. Ada beberapa komponen rem tromol untuk membantu agar bisa beroperasi lebih maksimal.

Produsen mobil memasang rem tromol di ban mobil bagian belakang. Adanya rem tromol berfungsi untuk membantu pengereman pada bagian belakang mobil. Rem tromol masih digunakan untuk dua jenis mobil, yaitu mobil MPV dan hatchback. 

Rem tromol sangat berperan ketika pengendara melakukan pengeraman saat beberapa kondisi, seperti memarkirkan mobil, mendekati persimpangan jalan, hingga melewati turunan dan tanjakan. Adanya rem tromol membantu pengendara mobil menghindari berbagai risiko kecelakaan yang bisa menimpa. 

Komponen Rem Tromol Mobil

Setiap pemilik mobil sebaiknya mengetahui komponen rem tromol. Rem tromol memiliki 9 komponen, sebagai berikut.

  • Backing Plate

Backing plate adalah komponen rem tromol yang berbentuk seperti piringan logam berukuran besar dan terdapat lubang, lekukan, atau tonjolan di permukaannya. Komponen ini terbuat dari material logam tipis. Fungsi dari backing plate adalah sebagai rumah, rangka, atau pelindung komponen lainnya. 

  • Sepatu Rem dan Kampas

Sepatu rem berbentuk menyerupai lingkaran yang terdapat dua lobang berbentuk setelah lingkaran. Sepatu rem dan kampas merupakan komponen yang saling berkaitan dalam kerja pengereman. Sepatu rem menjadi wadah penyimpanan kampas. Sepatu rem tidak berkaitan langsung dengan rem tromol.

Kampas rem terbuat dari material keramik organik yang mudah berubah bentuk. Kampas rem akan semakin menipis saat digunakan dalam waktu lama atau secara terus menerus. Pengguna kendaraan perlu mengganti kampas rem secara rutin ketika sudah menipis. 

  • Silinder Roda

Silinder roda berfungsi untuk mengubah tekanan fluida menjadi gerakan mekanis. Silinder roda terdiri dari beberapa tipe, tetapi yang paling populer digunakan untuk kerja tromol jenis leading dan trailing adalah tipe silinder roda dual piston. Kerja silinder roda didukung dengan beberapa bagian lainnya, yaitu piston boot, wheel cylinder housing, piston, dan spring. 

  • Brake Shoe Adjuster

Komponen yang satu ini terletak di bagian bawah rem tromol. Bentuknya menyerupai screw pada bagian adjuster. Brake shoe adjuster berfungsi untuk mengatur atau menyetel celah yang timbul di antara kampas rem dan permukaan tromol yang bekerja saat pedal rem ditekan atau ditarik. 

  • Return Spring

Return spring berfungsi untuk mengembalikan posisi sepatu rem tromol ke posisi semula. Komponen ini bekerja saat posisi sepatu rem berubah akibat gaya menekan dari pedal rem. Return rem terdiri dari dua komponen, yaitu lower spring dan upper spring yang memiliki peran berbeda.

Lower spring berada di sisi adjuster dan berperan untuk menjaga posisi 2 buah sepatu rem tromol supaya dapat menekan adjuster dengan optimal. Sementara upper spring atau pegas beranda berada di bagian bahwa silinder roda. Upper spring befungsi untuk mengembalikan posisi sepatu rem. 

  • Brake Shoe Holder

Brake shoe holder berfungsi untuk mengunci pegas atau per menempel pada backing plate. Komponen ini berbentuk menyerupai pin yang terdiri dari beberapa bagian.

  • Parking Brake Lever

Parking brake lever dibutuhkan untuk membuat mobil tetap diam saat diparkir. Parking brake lever terdiri dari dua komponen, yaitu brake shoe link dan park brake lever. Pada par brake lever terdapat salah satu ujung yang disematkan engsel dan terhubung langsung dengan brake shoe yang terletak di bagian atas. Sementara brake shoe link akan bekerja untuk menghubungkan brake shoe dan park brake lever.

  • Drum Brake

Drum Brake memiliki tekstur fisik yang keras dan berbentuk tabung atau drum. Komponen ini terbuat dari bahan baja tuang. Fungsi drum brake adalah sebagai media gesekan kampas rem tromol saat menghentikan putaran atau laju roda. 

  • Parking Brake Cable

Drum brake berfungsi untuk menghubungkan tuas rem atau pedal hingga parking brake lever, sehingga saat tuas rem ditarik atau ditekan maka mobil bisa berhenti dengan sempurna. Komponen ini merupakan kabel pada sistem rem tromol yang terbuat dari baja. 

Demikianlah ulasan mengenai komponen tromol rem mobil. Berbagai daftar komponen rem tromol tersebut perlu dipahami oleh pemilik mobil sebagai pengetahuan tips aman berkendara. Rem tromol memiliki fungsi penting dalam sistem pengereman mobil untuk menghentikan atau memperpelan laju roda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.