Sukmawati Unggah Foto Upacara Sudhi Wadani, Menur Ikhlas Mamanya Pindah Agama Hindu
Sukmawati (Foto: IG @sukmawatisukarnoputri)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah menyelesaikan upacara Sudi Wadani, proses kembali ke keyakinan lelulur, sudah diselesaikan oleh Sukmawati Soekarnoputri. Sejak 26 Oktober, Sukmawati resmi memeluk agama Hindu.

"Upacara Sudi Wadani di Bale Agung,Singaraja diberkati oleh Ida Pandita Mpu Nabe. Second reborn pada hari ini 26 Oktober 2021, ultahku," tulis Sukmawati di akun Instagram, Selasa, 26 Oktober.

Sebagai putrinya, GRA Agung Putri Suniwati atau yang dikenal Menur mengaku sudah mengetahui rencana perpindahan agama ibunya sejak dua bulan lalu.

"Dua bulan yang lalu, waktu itu sih ini ya maksudnya by WA juga by phone juga mama memberitahukan kalau akan pindah keyakinan. Itu agama Hindu," ujarnya saat berbincang dengan VOI, Selasa, 26 Oktober.

Menur mengaku agak kaget dengan pemberitahuan mamanya. Namun dia tidak menghalangi. "Agak kaget. Kagetnya dalam arti, mama yakin maksudnya untuk pindah agama? Apa sudah mantap atau yakin? Tapi beliau bilang ya sudah mantap, yakin. Saya sih support saja sebagai anak," tegasnya.

Sukmawati, lanjutnya, tidak memberikan penjelasan secara spesifik. "Waktu itu pas beritahu untuk pindah keyakinan itu ya sudah cuma, hanya kasih tahu saja, bahwa sudah sreg, sudah lama apa yakinlah gitu, ya sudah. Bukan nanya setuju dan gak setuju sih, mungkin nanya pendapat, mungkin ke mas Paundra juga," terangnya.

Sebagai anak, Menur ikhlas dengan keputusan Sukmawati. "Gak ada masalah sih, pokoknya ya sudah, karena buat saya itu keyakinan masing-masing individu, hak setiap manusia. Karena keyakinan itu prinsip. Dan gak bisa memaksakan juga gitu," tegasnya.