3 Foto Suasana Upacara Pertama Proses Pindah Agama Hindu yang Dijalani Sukmawati Soekarnoputri
Sukmawati (Foto: IG @bagaskarayanaaa)

Bagikan:

JAKARTA - Sukmawati Soekarnoputri akan resmi memeluk agama Hindu hari ini setelah menyelesaikan upacara Sudhi Wadani. Kepala Sukarno Center, Arya Wedakarna bahkan menyebut Sukmawati tidak mengambil keputusan ini dengan gegabah.

Menurut Arya, keputusan pindah agama yang dilakukan Sukmawati bukan keputusan dadakan. "Beliau sudah melakukan proses mungkin puluhan tahun, untuk akhirnya tepat pada 26 Oktober tepat di hari ultah beliau ke-70 beliau menyatakan kembali ke agama hidup seperti itu," paparnya beberapa waktu lalu.

Upacara pertama sudah dilakukan Senin, 25 Oktober dengan upacara Melukat. Melalui Instagram, Sukmawati mengunggah keharuan yang dirasakannya.

"Pada tgl 25 Okt.acara awal secara rituil Hindu Bali, yakni Melukat. Membersihkan diri dengan minum air suci beserta doa2 dan wangi bunga yang diberikan oleh Pedanda Istri. Tuhan dengan alam semesta memberkati diriku," tulis Sukmawati di Instagram dikutip Selasa, 26 Oktober.

Proses ini mendapat sambutan hangat dari warga Bali yang mengikuti upacaranya. Bagas Karayana yang mendampingi Sukmawati mengunggah foto kebersamaan Sukmawati kerabat yang mengikuti acara Melukat.

"Hari ini saya ditugaskan untuk mendampingi Ibu Sukmawati Sukarnoputri selama di Bali Bersama Putera Sukarno anak Ibu Sukmawati Sukarnoputri untuk melakukan pengelukatan ring Segara," tulis Bagas.