Desainer Kostum David Bowie, Kansai Yamamoto Meninggal Dunia
Kansai Yamamoto (Instagram @kansai_yamamoto_official)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka datang dari industri fashion. Kansai Yamamoto, desainer andalan David Bowie dalam aksi panggungnya meninggal dunia pada Selasa, 21 Juli namun baru disiarkan pada hari ini, Senin, 27 Juli.

Melalui akun Instagram resminya, perwakilan desainer itu dinyatakan meninggal karena Leukemia Myeloid Akut.

“Dalam keadaan melawan penyakitnya, ia selalu positif, tidak pernah kehilangan passion terhadap kreasi dan memiliki keinginan kuat untuk sembuh untuk bertemu kalian kembali.”

“Kekuatan manusia tidak terbatas” itulah moto yang tidak pernah ia tinggalkan dan selalu tertantang meskipun situasi sulit sekali pun.”

Dalam hidupnya, Kansai Yamamoto adalah seorang desainer hebat yang memiliki pengaruh besar pada industri fashion tahun ‘80-an. Desainer kelahiran 8 Februari 19 ini menjadikan koleksi dan khasnya yang mewah membawanya menjadi penata kostum untuk David Bowie serta berteman dengan Elton John dan Stevie Wonder.

Dengan mengadaptasi konsep futuristik, Bowie memboyong Kansai selama tur Aladdin Sane. Ia juga mengubah gaya kimono (pakaian tradisional Jepang) menjadi sebuah karya avant garde namun klasik yang sempat dikenakan Bowie. Tetapi David Bowie hanyalah sedikit dari pencapaian Kansai Yamamoto.

Koleksi pakaiannya sudah melanglang buana di jajaran acara fashion mancanegara. Ia menjadi desainer Jepang pertama yang menggelar acara fashion show di London tahun 1971. Hingga akhir hayatnya, ia dipercaya berkolaborasi dengan sejumlah nama seperti Anna Sui dan Marc Jacobs.

Ia sempat vakum dan berfokus dalam ranah hiburan. Melalui acara His Super Shows, ia menampilkan seni percampuran tari dan akrobatik. Kansai turut tampil di seluruh dunia karena seni ini.

“Bagiku, ayah bukan hanya jiwa yang energetik yang dunia tahu, tetapi seseorang yang bijaksana, baik hati, dan penuh kasih sayang,” tulis sang anak, Mirai Yamamoto di Instagram-nya.

Desainer Marc Jacobs mengunggah foto kebersamaan serta cerita pertemuannya dengan Kansai Yamamoto. Ia menyukai kekuatan kreatifitas Kansai yang menjadi inspiraisnya dalam dunia fashion.

David Bowie, melalui akun Twitter-nya mengucapkan belasungkawa terhadap sang desainer. “Kami mengirimkan rasa simpati terhadap keluarganya dan rekan yang dekat dengannya di masa sedih ini.”

Acara online streaming Nippon Genki Project 2020 Super Energy yang diselenggarakan bersama Kansai Yamamoto akan tetap berjalan pada 31 Juli mendatang. Kansai Yamamoto meninggal pada usia 76 tahun. Selamat jalan, Kansai Yamamoto.