Saat Fisik dan Mental sedang Lelah, Perlukah Tetap Berolahraga?
Ilustrasi (Chevnon Photography/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi Anda yang tidak terbiasa olahraga, memikirkan untuk berolahraga saat fisik dan mental sedang lelah, terasa seperti suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Namun, jika Anda sudah terbiasa melakukannya, melewatkan waktu berolahraga, meski sedang merasa lelah, sepertinya sangat disayangkan.

Jika ini yang terjadi, Shauna Harrison, Ph.D. meminta Anda untuk beristirahat karena tubuh dan pikiran Anda kemungkinan besar sangat membutuhkannya. Shauna menyarankan untuk melakukan perawatan diri, seperti berendam air panas dengan sabun berbusa atau melakukan perawatan pijat dan spa di salon. Jika ingin pikiran menjadi lebih tenang, Anda bisa mengikuti kelas yoga atau meditasi yin. Melakukan gerakan ringan menggunakan foam roll atau stretching ringan sambil menonton televisi, juga bisa menjadi pilihan.

Untuk Anda yang masih keukeuh melakukan aktivitas fisik meski sedang kelelahan, Shauna menganjurkan untuk berjalan kaki, yang menurutnya dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan mental, emosional, dan fisik Anda. Apalagi jika saat melakukannya, Anda bisa sambil mendapatkan pemandangan indah dan udara segar, bukan tidak mungkin mood dan pikiran kembali segar.

“[Tetap] Bergerak adalah penyelamat karena cenderung mengurangi stres, tetapi juga bisa memberi tekanan pada tubuh. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memperhatikan apa yang terbaik untuk Anda pada saat atau situasi tertentu, terutama saat Anda merasa lelah secara fisik dan mental,” ujar Shaun.

Kuncinya adalah mendengarkan diri sendiri dan, yang terpenting, bersikaplah santai pada diri sendiri. Melewati beberapa jadwal latihan sama sekali tidak masalah. Justru tubuh dan pikiran akan berterima kasih jika Anda melakukannya. Saat semua sudah kembali normal, barulah Shaun meminta Anda untuk kembali menjalani rutinitas olahraga seperti biasa.