Mau Hubungan Asmara Semakin Harmonis, Syukuri 5 Hal Sederhana Ini
Ilustrasi tips hubungan asmara semakin harmonis (Unsplash/Taisiia Stupak)

Bagikan:

JAKARTA – Bersyukur bukan aktivitas yang sia-sia, apalagi menurut penelitian psikologi membuktikan bahwa rasa syukur dalam konteks hubungan asmara memiliki manfaat meningkatkan keharmonisan.

Rasa syukur, menurut psikolog Sara Algoe, bermanfaat memperkuat hubungan dengan orang lain. Menurutnya perasaan tersebut membantu mengidentifikasi orang-orang yang tanggap terhadap kebutuhan kita.

Sebuah studi dilansir Healthy Psych, Senin, 18 Oktober, para peneliti menguji efek pemberian hadiah antar mahasiswi. Selama satu minggu di tahun ajaran, para mahasiswi yang lebih tua memberikan hadiah pada mahasiswi baru. Hasil temuan studi tersebut, ketika anggota mahasiswi baru merasa lebih bersyukur atas hadiah yang diterimanya maka mereka merasa lebih dekat dengan si pemberi hadiah.

Studi lain meneliti rasa syukur dalam hubungan berpasangan. Bersyukur berperan dalam menjaga hubungan, pasangan jadi lebih menghargai, lebih responsif, dan lebih berkomitmen pada hubungan. Jadi apa saja yang perlu disyukuri dari hubungan Anda dan pasangan? Berikut daftarnya.

1. Menerima pesan tanpa alasan

Lauren Consul, dilansir Bustle, mengatakan bahwa ketika pasangan tiba-tiba memikirkan Anda dan mengirim pesan tanpa alasan artinya pasangan secara tidak langsung menganggap Anda penting.

2. Pasangan melakukan tugas sepele untuk Anda

Mulai dari turun tangan membersihkan sapu hingga membantu men-download aplikasi yang Anda butuhkan merupakan hal sepele. Tetapi menurut terapis keluarga dan pernikahan berlisensi, Consul, melakukan hal sepele dalam hubungan merupakan cara untuk membangun koneksi yang mendalam. Ya, ini patut disyukuri bukan?

3. Ada yang mendengarkan cerita-cerita Anda

Pendengan yang baik menurut Consul mampu menahan dan menunggu giliran untuk bicara. Pasangan yang mendengarkan cerita-cerita Anda bisa membuat Anda merasa dipahami.

4. Mendapatkan pujian tulus dan jujur

Dalam lingkup pekerjaan, pujian diberikan karena Anda telah menyelesaikan tugas sesuai target. Tetapi pujian tulus dan jujur dari pasangan membuat Anda merasa lebih berharga dan menarik meski memakai daster ataupun tanpa riasan.

5. Menerima perhatian

Dokter Gurner menjelaskan bahwa perhatian kerap ditunjukkan melalui sentuhan fisik, bahkan dalam konteks non-seksual. Sentuhan dari pasangan menurutnya patut disyukuri. Menyentuh tangan, kaki, serta lengan bisa jadi pengingat keintiman, ketertarikan, dan tanda bahwa pasangan menjaga Anda.

Dalam hubungan Anda dan pasangan, apakah semua daftar di atas pernah dialami? Artinya Anda patut bersyukur.