Rutin Latihan Pilates, Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi Gerakan Pilates (Alexi Almond/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jika menurut Anda latihan pilates hanya membawa manfaat bagi fisik saja, maka Anda salah besar. Sama seperti jenis olahraga lainnya, pilates juga memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Merasa tubuh lebih kuat

Rutin latihan pilates menjadikan Anda orang yang lebih kuat dari sebelumnya. Sebab, tubuh terbiasa melakukan gerakan pilates yang rumit. Sehingga saat berkegiatan sehari-hari, misalnya membawa beban berat, Anda akan merasa mudah dan ringan.

Meningkatkan suasana hati

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Irish Journal of Medical Science, pilates dapat membantu menghilangkan stres dan menstabilkan suasana hati. Ini karena pilates mampu merangsang produksi endorfin di otak sehingga memicu timbulnya rasa tenang, senang, dan aman.

Merasa lebih pengertian dengan tubuh

Fokus Pilates pada kesadaran tubuh dapat membantu Anda memahami bahwa apa yang dilakukan tubuh minggu ini saat latihan mungkin tidak sama dengan yang dilakukan minggu lalu. Dengan mengidentifikasi fluktuasi tersebut dari kelas ke kelas misalnya, mungkin terakhir kali Anda bisa memegang papan selama satu menit, tetapi hari ini hanya bisa 30 detik, Anda belajar untuk menerima, lebih mengerti, dan pada akhirnya lebih mengasihi diri sendiri.