Taylor Swift Rilis Album Kejutan, <i>Folklore</i> Hari Ini
Taylor Swift (Twitter @taylorswift)

Bagikan:

JAKARTA - Berpasrah dengan keadaan bukan berarti harus lesu dan tidak produktif. Taylor Swift malah mendadak akan merilis album baru berjudul Folklore pada Jumat, 24 Juli waktu Amerika Serikat.

Hebatnya, seluruh lagu yang ada di dalam album ini merupakan hasil karyanya saat melakukan karantina diri. Ia pun tidak membocorkan ide ini kepada publik, sehingga Swifties (sebutan penggemar Taylor Swift) merasa terkejut dan tidak siap.

Folklore, album studio ke 8 pelantun Love Story itu akan berisi 16 lagu yang ia garap bersama kerabatnya. Namun untuk versi deluxe-nya, ia menyertakan satu trek bonus berjudul The Lakes yang bisa didapatkan ketika membeli versi tersebut.

Dalam cuitannya, ia menulis album ini adalah perpaduan impian, mimpi, ketakutan, dan renungannya dalam menjalani karantina selama beberapa waktu belakangan. Ia dibantu Aaron Dessner, William Bowery, Jack Antonoff, serta musisi Bon Iver yang berduet dengannya dalam trek Exile.

Kekecewaan Taylor Swift dimulai ketika ia harus membatalkan seluruh tur album terakhirnya, Lover yang dirilis pada 2019 akibat pandemi COVID-19. Album yang ia rangkai penuh cinta itu belum bisa ditampilkan karena situasi yang tidak bisa tertolong.

Ia sempat berpikir kapan waktu yang tepat untuk merilis musik seperti ini. “Tetapi waktu yang kita jalani terus mengingatkan saya bahwa tidak ada yang pasti.” Maka dari itu ia merasa, jika kita memiliki sesuatu yang kita cintai, kita harus menunjukkannya kepada dunia.

Dari segi marketing, ia tidak banyak merilis teka-teki seperti yang ia biasa lakukan. Biasanya Swift mengubah feed Instagram-nya dan menulis bocoran judul trek dalam album. Namun kali ini tidak, tetapi penggemar tetap senang.

Single yang terpilih dari album Folklore adalah Cardigan, di mana Taylor Swift menjadi penulis dan menyutradarai video klip tersebut. Ia membocorkan sesi syuting video musik mematuhi aturan kesehatan; bintang film Cats itu bahkan berdandan dan memilih kostumnya sendiri.

Karena ini album ke-8 nya, Swift hanya menaruh 8 jenis CD deluxe serta 8 vinyl dengan versi berbeda yang dijual dalam waktu satu minggu saja. Album terbaru Taylor Swift, Folklore bisa dipesan secara fisik melalui situs resmi Taylor Swift.