Tak Menyesal, Ini Alasan Baim Wong 'Mengomeli' Orangtua yang Viral
Baim Wong (Foto: IG @baimwong)

Bagikan:

JAKARTA - Aksi Baim Wong mengomeli seorang bapak-bapak karena dianggap mengemis menjadi sorotan warganet dan viral. Warganet bahkan menggalang dana untuk bapak tersebut. Paham bahwa aksinya menjadi polemik, Baim membuat video klarifikasi yang diunggah di Instagram.

Baim Wong mengaku keberatan dengan bapak tersebut karena mengikutinya dengan menggunakan motor. Baim menganggap bapak tersebut mengemis karena meminta uang. Baim Wong menceritakan soal kronologi kejadian tersebut.

"Jadi kejadiannya itu seperti ini. Jadi bermula dari Kiano sih ngajakin saya jalan abis itu ya sudah saya jalan sama dia. Nah bermula dari sini ketika saya keluar dari rumah sakit, tiba-tiba ada oranglah mendekati saya pakai motor dan itu mepet. Kita lagi jalan dan dia mepet kita sih, dan itu bahaya banget ya, saya lagi bawa anak lagi. Dan dia tiba-tiba minta uang sama saya, duh ampun," kata Baim Wong.

Baim Wong terkejut dengan cara bapak tersebut saat meminta uang. Dia yakin, tindakannya tidak keliru.

"Kalau bosque ada di posisi saya itu mungkin persepsinya akan beda banget sih melihat kejadian ini dan mungkin sangat berbeda lah dari cara dia ngomong, dari cara dia minta, itu gak banget sih. Jadi saya bilang apa yah, ketika kita tidak berada di posisi orang tersebut susah untuk bisa melihat kejadian itu sebenernya. Dan waktu itu saya juga gak marah kok, saya bilang ‘Pak, bukan dengan cara seperti ini ya saya bilang, jangan, gak baik' saya bilang dan itu gak marah-marah," kata Baim.

Saat itu Baim Wong dan Kiano naik motor dan melanjutkan perjalanan dan diikuti oleh bapak tersebut dengan motor. Bapak tersebut bahkan sempat berteriak minta uang.

"Saya lanjut lagi, dan akhirnya ketika saya naik motor sama Kiano, dia teriak di belakang ‘Baim minta uang Im, Im minta uang’ saya lihat dia masih ngikutin saya. Saya paling kesal sih orang seperti itu ya. Waktu itu saya juga pernah ngamuk sama ojol gara-gara dia ngikutin saya dan ngalangin di depan mobil," kata Baim.

"Dan saya paling engga suka itu dijadiin kelemahan saya ya ketika orang ngeliat saya langsung diminta uang atau gimana, karena saya ngelakuin semuanya berbagi atau engga apapun itu ya saya juga engga mau dibilang kebaikan atau engga menolong karena saya cuman seneng melakukannya, udah titik. Dan ketika orang itu menjadikan itu kelemahan saya setiap orang ketemu saya dan minta uang saya kurang suka sih apalagi dengan cara yang seperti itu sih," lanjutnya.

Kejadian yang viral itu terjadi saat Baim sampai di rumah pribadinya. Tak disangka, bapak tersebut masih mengikuti Baim Wong. Dia pun kembali minta uang.

"Akhirnya sudah, saya jalan saja, gak menggubris, saya ke rumah lah itu lumayan agak jauh sih, terus saya ke rumah dan berhenti dan tiba-tiba dia muncul lagi. Dan kembali dia minta uang sama saya bosque. Disitu saya lumayan agak ini sih, saya bilang 'Pak tolong jangan dengan cara seperti ini saya bilang jangan ya engga boleh'. Menegurnya dengan cara apa seperti kalian lihat di video," katanya.

"Dan kalau kalian sering lihat vlog saya, saya sering ngelakuin itu ketika orang minta dengan cara yang tidak sopan atau gimana saya sering ngeliatin 'dengan cara seperti itu lu engga akan dapetin duit, beneran deh'. Saya akhirnya ngasih orang yang mungkin engga ada hubungannya sama dia, saya sering banget seperti itu. Abis itu udah dan abis itu dia juga tiba-tiba bilang setelah saya kasih uang dia bilang 'saya umurnya 77 tahun' kata dia, terus saya bilang 'kenapa, saya harus kasihan sama dia'. Gini loh bosque banyak banget ya orang 80 tahun, 90 tahun, 100 tahun yang saya temuin dia itu anti banget mengemis, kenapa engga tahu dan itu membuat saya seperti malu saya diri saya sendiri dan saya ngeliat orang kalau misalkan memperlihatkan kelemahannya untuk mendapatkan uang saya itu benci banget," sambung Baim.

Baim kembali menegaskan jika apa yang dia lakukan selama ini semuanya dari hati. Dia memberi kepada siapapun sesuai dengan hatinya.

"Saya ngelakuin semuanya dengan hati, saya mau ngasih ke orang ya sesuai dengan hati saya, toh itu uang-uang saya juga tapi kalau misalkan ada persepsi yang berbeda dari kalian saya engga apa-apa banget, karena pemikiran orang beda-beda sih dan saya juga engga ngerasa gimana banget, saya klarifikasi seperti ini juga engga mau cuman karena ini bertepatan dengan kebahagiaan keluarga saya saya engga mau jadi pikiran banyak orang ya akhirnya saya buat seperti ini lah," katanya.

Baim Wong mengaku tidak menyesali apa yang sudah dia lakukan karena yakin tindakannya benar. "Misalkan ada pihak-pihak yang tidak suka saya minta maaf ya tapi ya itu diri saya, saya mau jadi diri saya apa adanya. Saya engga mau munafik gitu loh. Kalau misalkan ada yang engga suka ya udah emang pasti ada orang yang engga suka dan suka. Sesimple itu sih," tutup Baim Wong.