Andra Alodita: <i>Art & Journaling</i> Bikin Saya Lebih Mengenali Diri Sendiri
Ilustrasi (Andra Alodita /@alodita)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia Lifestyle Blogger dan Digital Creator, Andra Alodita menceritakan tentang pengalamannya dalam mengenali diri sendiri. Dalam workshop yang diselenggarakan oleh KALM bertajuk KALMnesia 2, Mental Seimbang, Diri Berkembang pada 9 Oktober, Andra menjelaskan kalau ia tertarik untuk memulai art & journaling saat diminta oleh mentornya untuk menuangkan cerita atau perasaannya ke dalam sebuah gambar untuk proses pemulihan kesehatan mental.

Dok. Zoom

“Kebetulan Andra dari kecil suka banget gambar, suka banget bikin komik sendiri. Tapi setelah beranjak dewasa, stop itu semua. Gak pernah gambar lagi, karena merasa malas dan gak pede,” ujar Andra.

Tapi setelah memulai mencoba menulis jurnal dicampur dengan gambar, Andra mulai merasa efeknya sangat luar biasa. Ia merasa sesuatu di dalam dirinya yang dulunya tak tersalurkan, sekarang bisa terekspresikan dengan baik melalui art & journaling. 

Art & Journaling Milik Andra Alodita (Instagram /@alodita)

Selain itu, Andra juga mengakui bahwa kegiatan art & journaling ini merupakan aktivitas yang menenangkan.

“Di saat aku sudah menulis jurnal, merilis emosi aku, begitu bisa menuangkannya lewat gambar, aku merasa lebih rileks. Lebih tau apa yang aku rasakan apa yang aku pikirkan ternyata seperti ini,” katanya.

Bagi Andra, art therapy bukan masalah bagus atau jelek, bisa gambar atau tidak. Tapi dengan menyalurkan kreativitas, Anda bisa mengeksplorasi dan menganalisa perasaan, mengurangi tingkat stres, dan kecemasan, serta meningkatkan mood

Hal Art Therapy Andra Alodita (Dok. Zoom Meeting)

Di sela-sela aktivitasnya yang padat, Andra selalu menyempatkan waktu khusus untuk menulis jurnal. Sebisa mungkin kegiatan ini menjadi satu hal yang rutin dilakukan. 

“Biasanya saat akhir pekan, aku menyempatkan satu hingga dua jam untuk menyalurkan kreativitas aku,” kata Andra.

Namun, saat sedang teringat atau merasakan sesuatu , Andra akan langsung mencoba menulis dan mengumpulkan data terkait perasaan dan emosi tersebut sebanyak-banyaknya agar tidak lupa.

Nah, untuk Anda yang belum familiar dengan art therapy, Andra Alodita membagikan tips memulai  art & journaling.

Pertama, sambil berjalan coba cari tahu apa yang Anda rasakan, apa yang mungkin selama ini selalu terpendam, masalah-masalah apa yang selama bertahun-tahun tidak ada jalan keluar. 

Kedua, prioritaskan dan dedikasikan waktu Anda untuk diri sendiri. Misalnya, dalam satu hari sisakan satu jam dari 23 jam untuk diri Anda sendiri. 

Ketiga, dedikasikan waktu yang Anda miliki untuk bersantai sambil hening, sembari mengumpulkan data untuk mengeksplorasi diri sendiri. 

Terakhir, just go with the flow, santai dan nikmati perjalanan kehidupan.