Dampak Positif Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga di Rumah
Ilustrasi (Vlada Karpovich/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA- Membangun kedekatan antara orang tua dan anak penting dilakukan sejak dini. Sebagai orang tua, Anda bisa menghabiskan waktu dengan anak-anak di saat waktu luang. Menghabiskan waktu bersama keluarga memiliki dampak positif yang bertahan lama untuk anak. Makanya, Anda harus membiasakan anak untuk berkumpul dengan keluarga.

Melansir dari Purewow, Selasa, 14 September, berikut ini beberapa manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga. Apa Saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Meningkatkan kesehatan mental

Menghabiskan waktu bersama keluarga memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kesehatan mental. Waktu berkualitas bersama keluarga berkorelasi dengan peningkatan kesehatan mental dan lebih sedikit perilaku nakal di kalangan remaja. Jadi, biasakan untuk quality time dengan keluarga sejak kecil.

Mendorong komunikasi terbuka

Saat menghabiskan waktu dengan keluarga, jangan sampai ada gangguan dari pekerjaan, telepon, atau yang lainnya. Ciptakan ruang untuk dialog terbuka. Waktu bersama keluarga dapat memecahkan masalah dan dapat membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak.

Memenuhi kebutuhan emosional

Menghabiskan waktu bersama keluarga juga dapat memenuhi kebutuhan emosional. Menyisihkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dapat membuatmu benar-benar fokus pada kebutuhan emosional keluarga.

Memperkuat aturan keluarga

Aturan keluarga penting untuk memastikan sebuah rumah tangga berjalan dengan baik. Makanya, perlu menghabiskan waktu bersama untuk memperkuat hal tersebut. Orang tua dan anak bisa berdiskusi untuk berkontribusi ketika waktu kumpul bersama keluarga.