Anjuran Ahli, Lakukan 4 Hal Ini supaya Tidak Mudah Sakit
Ilustrasi mencuci tangan (Unsplash/CDC)

Bagikan:

JAKARTA – Tubuh sakit dapat mengganggu aktivitas. Disamping itu, tubuh yang tidak sehat bisa dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan yang perlu diperbaiki.

Dalam peluncuran gerakan “Keluarga Sehat Indonesia Kuat” yang digawangi oleh Reckitt Indonesia –dengan salah satu mereknya, Dettol - berkolaborasi bersama Kementerian Kesehatan RI serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng M. Faqih menganjurkan keluarga sebagai lingkungan terkecil untuk memulai menjaga kesehatan.

Ada 4 langkah yang bisa diimplementasikan dalam keluarga Anda, cek daftarnya berikut.

1. Mengubah perilaku

Kunci dari kesehatan adalah kebersihan. Ini bisa dimulai dari kelompok terdekat dan terkecil, keluarga. Dalam menjaga kebersihan, utamanya untuk meminimalisir terpapar virus COVID-19, perlu mengubah perilaku.

Seperti membiasakan mencuci tangan dengan sabun antiseptik, mandi setelah beraktivitas dari luar rumah, dan mendisinfeksi rumah secara berkala.

“Tangan paling fleksibel, karena bisa menyentuh yang tersembunyi,” terang dokter Daeng. Tambahnya, mencuci tangan merupakan cara yang tidak bisa di tawar supaya tidak mudah terpapar berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Perilaku lainnya, disamping cuci tangan serta melaksanakan protokol kesehatan, adalah mandi selepas dari aktivitas dari luar rumah. Cara ini tujuannya sama dan perlu dibiasakan.

2. Menjaga lingkungan bersih

Cara kedua, menjaga lingkungan tinggal tetap bersih. Seperti dengan mendisinfeksi ruangan dan barang yang sering dipakai, misalnya gagang pintu, pagar, dan gawai.

3. Menjaga imun tubuh

Menurut dokter Daeng, menjelang musim penghujan biasanya kasus demam berdarah dengue (DBD) meningkat. Yang menjadi catatan lagi, Indonesia juga tinggi kasus TBC Paru dan HIV. Ini berarti menjaga kesehatan keluarga adalah langkah preventif.

Belum lagi kasus COVID-19 yang masih belum berhenti hingga saat ini. Ini pula yang menyebabkan kita butuh menjaga imun tubuh supaya tidak mudah terpapar penyakit.

4. Memanfaatkan pelayanan kesehatan

Untuk mencapai herd immunity diperlukan hampir 70 persen populasi. Usaha ini sedang dalam proses dan dijalankan di Indonesia dengan program vaksinasi COVID-19. Oleh karena itu, melakukan vaksin juga merupakan satu langkah untuk menciptakan kekebalan kelompok.

Karena kebiasaan-kebiasaan baru perlu dilakukan secara berkelanjutan sehingga menjadi keseharian,  bagaimana cara Anda menjaga kesehatan keluarga?