Apakah Tidur 4 Jam Sehari Cukup? Begini Anjuran Ahli
Ilustrasi tertidur (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA – Tidur merupakan aktivitas penting yang besar pengaruhnya pada kesehatan. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur ideal selama 7 hingga 9 jam sehari. Apakah tidur 4 jam sehari cukup?

Sejumlah studi ilmiah menemukan bahwa kurang tidur dapat berakibat fatal. Mulai dari menurunnya kekuatan berpikir dan fokus, mekanisme tubuh melemah, dan kondisi mental memburuk. Dilansir dari Sleep Foundation, Selasa, 16 Maret, ahli menyarankan untuk tidur rata-rata 8 jam sehari.

Bayi dan anak-anak akan membutuhkan waktu tidur lebih lama dibanding usia produktif. Waktu tidur ideal sesuai usia dijelaskan terperinci seperti di bawah ini:

Usia 0-3 bulan: 14 - 17 jam

Usia 4-11 bulan: 12 - 15 jam

Usia 1-2 tahun: 11 - 14 jam

Usia 3-5 tahun: 10 - 13 jam

Usia 6-13 tahun: 9 - 11 jam

Usia 14-17 tahun: 8 - 10 jam

Usia 18-25 tahun: 7 - 9 jam

Usia 26-64 tahun: 7 - 9 jam

Usia 65 tahun ke atas: 7 - 8 jam

Setiap group usia memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Durasi tidur tersebut menentukan kesehatan, baik kesehatan tubuh maupun kesehatan mental. Meski tak harus tepat durasinya, kurang atau kelebihan satu jam masih dapat ditoleransi oleh mekanisme tubuh.

Untuk menjawab pertanyaan besar, apakah cukup tidur 4 jam sehari maka seseorang perlu mengidentifikasi aktivitas keseharian, pola tidur, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Selama tidak mengalami kondisi perasaan yang buruk, suhu tubuh normal, tekanan darah ideal, dan memiliki jadwal yang terpola maka tidur selama 4 jam masih tergolong wajar.

Namun, disarankan memperbaiki kuantitas tidur. Yang penting untuk direfleksikan, tidak perlu menunggu datangnya masalah untuk menjaga tubuh tetap sehat bukan?

Melansir Healthy Sleep, tubuh manusia membutuhkan tidur untuk menjaga fungsi seluruh penyokong kesehatan. Manusia juga diprogram secara alami butuh tidur cukup setiap malam sebagai sarana memulihkan tubuh dan pikiran.

Lebih jauh lagi disarankan untuk menjaga jadwal tidur teratur, kualitas serta kuantitas tidur agar seluruh fungsi tubuh dapat bekerja dengan baik.