Besarnya Warisan Elly Kasim untuk Sang Anak
Elly Kasim (Foto: IG @ellykasim_ek)

Bagikan:

JAKARTA - Elly Kasim yang merupakan penyanyi wanita Minang, Legend yang bertahan hingga kini dengan tembang karya-karya yang pernah dibawakan dan direkam yang berjumlah ratusan serta tidak sedikit pula yang menjadi hits di Indonesia pada jamannya.

Elly yang lahir di Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatra Barat, 27 September 1944 masih aktif berkarya hingga usia 76 tahun. Terakhir, Elly terlibat dalam pentas teater musikal Indonesia Kaya. Dia menyanyikan lagu Kasiah Tak Sampai sebagai sound track pentas Nurbaya.

Elly Kasim telah merilis kurang lebih 100 buah album solo. Ia juga tengah sibuk mengurusi wedding organizer khusus adat minang, dengan label Elly Kasim Collection. Tak heran jika meninggalnya Elly Kasim pada Rabu, 25 Agustus, membuat anak Elly Kasim, Risalina Mustika terpukul.

"Kalau rasa bangga udah klise. Tapi lain hal di saya sebagai anak menjaga itu semua, orang labelnya (sebelum meninggal) adalah living legend. Itu yang harus saya jaga," tutur Risalina Mustika, anak pertama Elly Kasim di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, dikutip dari Kanal YouTube AMBO NEWS, Kamis, 26 Agustus.

"Emang aktif dia dari dulu, sakit apapun tidak dihiraukan. Mau apapun kondisi dia nggak mau peduli. Hanya yang dia tahu, sakit minum ini, lambung (sakit) ini minum. Kalau bisa dibilang ibu saya lebih prof dari prof karena dia tahu semua obat itu," kata Risalina Mustika.

Elly Kasim diketahui sudah berkarier di industri musik sejak tahun 60-an. Ia begitu aktif melestarikan budaya Minang hingga ke kancah internasional. Bahkan Elly Kasim juga membuat wedding organizer khusus untuk budaya minang. Semangat melestarikan budaya Minang ini yang menjadi tugas buat anaknya.

Risalina Mustika berjanji akan teruskan warisan Elly Kasim. "Mewakili mama, saya akan terus menjaga silaturahmi ini. Insyaalah untuk teman mama yang saya kenal, (akan tetap) berhubungan bersilaturahmi. Karena memang itu yang diajarkan orang tua kita. Di mana pun kita inget orang," tukas Risalina Mustika.