6 Tips Mencabut Alis Mata Tebal agar Tampak Rapi
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki alis yang tebal adalah suatu keunggulan yang tak didapatkan oleh semua wanita. Ketika banyak yang berbondong-bondong melakukan microblading untuk menebalkan alis, wanita beralis tebal hanya perlu mencukur alisnya tanpa mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Namun, mencukur alis ini sangatlah rumit. Ketika salah mencukur, sang pemilik akan susah untuk menutupinya karena pensil alis tak dapat menyetarakan atau memanipulasi ketebalan alis aslinya. Untuk itu, berikut adalah cara mencukur alis yang tebal.

Cabut rambut di sekitar garis utama alis dengan pinset

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencabut rambut-rambut tipis di sekitar garis utama alis menggunakan pinset. Hal ini akan mempermudah Anda untuk melihat bentuk asli alis. Hati-hati mencabut rambut yang berada di garis utama, karena di sini Anda hanya perlu mencabut yang terlihat terpencar di atas dan di bawah garis tersebut saja. Anda juga tak perlu terlalu bersih mencabutnya karena step ini akan dilakukan kembali nanti.

Kompres pori-pori dengan es batu

Mencabut rambut menggunakan pinset rasanya memang sakit dan akan membuat pori-pori terbuka. Hal ini kerap akan mempersulit Anda untuk melanjutkan proses mencukur alis. Untuk itu, kompreslah area alis yang baru saja Anda cabut tadi agar pori-pori mengecil dan meringankan rasa sakit. Es juga akan memberikan kelembapan pada permukaan kulit di alis sehingga penggunaan pensil alis pada step ke 4 akan mudah untuk dilakukan.

Sisir alis menggunakan sikat alis

Sisirlah alis ke atas dan mengarah ke pelipis menggunakan sikat alis agar Anda dapat melihat bentuk alis yang sesungguhnya. Langkah ini sangat penting karena alis yang berantakan dan alis yang rapi terlihat begitu berbeda. Sikat alis berbentuk seperti mascara wand sekarang sudah banyak di jual di pasaran dalam kuantitas yang banyak dengan harga yang terjangkau.

Tandai bentuk yang diinginkan menggunakan pensil alis

Pada langkah ini, Anda bisa menggambar bentuk alis yang diinginkan menggunakan pensil alis. Usahakan untuk mengikuti bentuk asli alis sehingga Anda mengurangi kesalahan ketika mencukurnya. Jika ingin menaikkan atau membuat alis sedikit pointy, hindari menandai bagian atas. Anda bisa fokus membentuk lekungan di bagian bawah untuk membentuk efek pointy tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya pahami bentuk alis yang cocok untuk wajah Anda terlebih dahulu.

Cabut helai demi helai dengan pinset

Setelah menandai bentuk alis yang diinginkan, mulailah mencabut rambut yang berada di luar garis yang sudah dibentuk. Kunci dari kesuksesan dalam langkah ini adalah kesabaran dan ketahanan terhadap rasa sakit. Anda harus mencabutnya satu per satu dengan pinset untuk mengurangi kesalahan dalam mencabut. Jika Anda mencabutnya secara bersamaan, Anda bisa secara tak sengaja mencabut rambut yang berada di dalam garis.

Menggunting alis yang terlalu panjang

Jika semua akar rambut yang berada di luar garis sudah hilang, langkah selanjutnya adalah menggunting alis yang terlalu panjang. Anda dapat melakukan hal ini dengan menyisir alis menggunakan sikat alis lalu menggunting rambut tersebut dengan panjang yang diinginkan. Agar aman dalam melakukan hal ini, gunakanlah gunting khusus untuk alis yang ukurannya kecil sehingga tak akan membahayakan Anda.