Membahas Kebenaran Sindrom Pinocchio dalam Drama Korea yang Dibintangi Park Shin Hye
Drama Korea Pinocchio yang dibintangi Park Shin Hye (Foto: SBS)

Bagikan:

JAKARTA - Drama Korea Pinocchio yang dibintangi Park Shin Hye selalu menarik untuk ditonton meskipun sudah diputar berulang kali. Park Shin Hye berperan sebagai Choi In Ha di serial drama 'Pinocchio'. Judul drama itu ditujukan untuk sindrom Pinocchio yang diderita Choi In Ha. 

Kisah dalam drama ini mengenai kehidupan sehari-hari mengenai seorang reporter perempuan yang tidak bisa berbohong sampai akhirnya ia jatuh cinta dengan seorang pria penderita Pinocchio. Gara-gara sindrom ini, Park Shin Hye jadi repot. 

Pinocchio Syndrome adalah sindrom yang menyebabkan cegukan ketika berbohong karena masalah dalam sistem saraf otonom dan itu adalah sindrom yang tidak dapat disembuhkan, yang muncul pada 1 dari 43 orang. Orang yang menderita Sindrom Pinocchio akan cegukan bahkan jika mereka berbohong melalui telepon atau SMS. Namun, setelah mereka memperbaiki kebohongan, cegukan berhenti.

Cegukan yang dimulai dari mengatakan kebohongan kecil secara alami berhenti dari waktu ke waktu, tetapi kebohongan besar yang bertentangan dengan hati nurani mereka tidak akan berhenti sampai mereka memperbaikinya.

Karena mereka tidak bisa berbohong bahkan pada hal-hal di kehidupan sehari-hari.

Terakhir, karena sindrom Pinocchio terlihat jelas ketika penderita berbohong, sehingga orang benar-benar percaya semua perkataan penderita sindrom ini. Pinocchio berpusat pada topik kondisi unik yang disebut ‘Pinocchio Syndrome,’ romantisme dan wartawan yang sedang tumbuh, yang harus selalu mengatakan kebenaran. Selain Park Shin Hye, 'Pinocchio' dibintangi Lee Jong Suk, Kim Young Kwang dan Lee Yubi.

Usai menonton, banyak yang penasaran apakah sindrom Pinocchio yang diderita Choi In Ha adalah sindrom asli dalam istilah psikologi? Sindrom Pinocchio adalah sebuah sindrom yang dibuat-buat yang tidak benar-benar ada. 

Dikutip dari Wikipedia, sindrom Pinokio memang ada tapi berbeda dengan sindrom dalam drama 'Pinocchio'. Sindrom Pinokio merupakan sebuah kondisi saat tubuh seseorang merasa kaku bak boneka kayu. Kondisi tersebut merupakan sebuah fobia yakni gelatophobia yang penderita akan merasa tidak nyaman dan ketakutan bila ditertawakan orang lain.

Dr Michael Titze menemukan beberapa pasiennya mengalami fobia Pinokio tersebut cenderung selalu menganalisis lingkungan yang akan mereka masuki. Apakah banyak orang yang humoris dan suka menertawakan orang lain. Bahkan, tidak sedikit yang malah merasa diri mereka merupakan pribadi yang bodoh.

Jadi sudah jelas sindrom Pinocchio yang diderita Park Shin Hye bukanlah sindrom asli dalam istilah psikologi. Sindrom Pinocchio adalah sebuah sindrom yang dibuat-buat yang tidak benar-benar ada.