Kolesterol Jauh, Begini Tips Mengonsumsi Daging saat Iduladha
Ilustrasi (Los Muertos Crew/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Hari Raya Iduladha telah tiba! Hampir dipastikan semua umat Islam dapat merasakan kelezatan hewan qurban. Tetapi, akan ada saat di mana Anda khawatir akan kolesterol yang diakibatkan mengonsumsi daging merah terlalu banyak. Berikut adalah tips sehat yang dapat Anda lakukan selama Iduladha.

Jangan memakan daging sebelum tidur

Jika Anda mengonsumsi daging sebelum tidur, hal ini akan menyebabkan kualitas tidur jadi menurun. Pasalnya, pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan dengan tekstur lebih keras seperti daging. Untuk itu, sebaiknya, konsumsilah daging 2-3 jam sebelum tidur untuk proses cerna yang lebih baik.

Perbanyak minum air putih

Jika mengonsumsi banyak daging saat iduladha, maka Anda wajib mengimbanginya dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya. Mengapa? karena air putih membantu mendorong sisa makanan. Shingga tidak menyebabkan sembelit. Selain itu, minum air putih juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya, mencegah dehidrasi.

Hindari makanan pedas

Tips mengonsumsi daging saat iduladha selanjutnya adalah menghindari makanan pedas. Pilihlah menu daging yang tidak pedas agar sistem pencernaan tidak terganggu. Anda tentu tak ingin merusak perayaan iduladha dengan bolak balik kamar mandi, kan?

Pisahkan lemak daging

Tips sehat mengonsumsi daging adalah pastikan untuk menghilangkan semua lemak yang tertempel pada daging yang akan Anda masak atau makan. Karena jika Anda mengonsumsi lemak daging, lama kelamaan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kombinasikan dengan sayur

Mulai sekarang Anda bisa mengingat sebuah pepatah, di mana ada daging, di situ ada sayur. Seimbangkan menu daging Anda dengan sayuran seperti tomat serta bawang putih, bombay, dan bawang merah sebagai penetralisir. Tumbuhan umbi lapis ini punya fungsi baik bagi kesehatan seperti, menurunkan tekanan darah, mengusir kolesterol jahat, serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

Minum air hangat saat mengonsumsi daging

Air putih memang sangat baik diminum saat Anda mengonsumsi daging kurban dalam jumlah banyak. Namun, jangan pilih air es. Minumlah air putih hangat atau jeruk hangat. Kedua minuman ini dapat membantu membersihkan tenggorokan Anda selama menyantap daging. Hindari minuman manis layaknya kopi, teh, dan sirup.