Saat Malas Masak, Ikuti 8 Tips Cerdas Memilih Makanan Sehat di Restoran
Ilustrasi tips memilih makanan sehat (Unsplash/Louis Hansel)

Bagikan:

JAKARTA – Makanan paling sehat memang dibuat sendiri di rumah. Tetapi ketika Anda malas meraciknya sendiri atau tidak punya banyak waktu untuk mengolah makanan dari bahan hingga ready to eat, maka bisa mengikuti tips ini agar enggak salah pilih menu yang enggak sehat.

Kenali menunya

Sebelum tiba di restoran, Anda dapat mencari review atau mengidentifikasi menu dari restoran yang mau dituju. Dilansir Healthline, Sabtu, 12 Juni, plating dan aroma makanan membuat seseorang lebih sulit memilih mana makanan yang sehat karena sudah diserang rasa lapar.

Tanpa mengidentifikasi dan memilih dengan penuh pertimbangan, Anda bisa jatuh pada pilihan makanan yang tidak sehat. Maka, sebelum membuat keputusan mau pesan apa, kenali dahulu mana yang sehat dan perlu dihindari.

Tunda sementara rasa lapar

Camilan sehat bisa membantu Anda menunda sementara rasa lapar. Tentu perlu memilih camilan yang sehat seperti yang rendah kalori dan tinggi protein seperti kacang-kacangan maupun yoghurt.

Periksa bagaimana makanan dimasak dan disiapkan

Cara makanan dimasak berdampak signifikan pada jumlah kalori yang dikandungnya. Maka, pilihkan makanan yang dikukus, panggang, atau direbus karena lebih sedikit lemak dan kalori.

Dalam deskripsi buku menu, jika makanan digoreng garing atau ditumis tentu mengandung lebih banyak zat yang perlu dihindari.

Makan dengan penuh perhatian

Makan dengan penuh kesadaran berarti membuat pilihan sadar tentang apa yang Anda konsumsi. Terlebih jika Anda memberikan perhatian penuh pada setiap sendok hidangan yang masuk ke dalam mulut.

Cobalah menikmatinya setiap suap, sebab ini bisa membantu meningkatkan kontrol diri dan mencegah makan berlebihan.

Hindari menu ‘makan sepuasnya’

Apalagi makan saat malam hari, menu ‘makan sepuasnya’ perlu dihindari untuk mengontrol porsi. Menurut studi, orang acap buruk dalam memperkirakan ukuran porsi. Jadi ketika Anda dihadapkan pada makanan prasmanan, maka menghitung porsi jadi tantangan terberat.

Minta saus diletakkan terpisah

Saus disajikan untuk melengkapi citarasa. Tetapi dalam dua sendok saus bisa menambah 140 kalori ekstra dan 16 gram lemak, misalnya pada saus salad. Maka, mintalah saus maupun dressing dipisah dari menu yang Anda pesan.

tips memilih makanan sehat
Ilustrasi salad dressing dipisah (Unsplash/Travis Yewell)

Pilih sup atau salad sebagai hidangan pembuka

Studi menelusuri efek makan sup sebelum makan dan menunjukkan bahwa asupan kalori total bisa menurun hingga 20 persen. Pilihlah sup yang Anda anggap sehat dan salad yang memiliki kombinasi sayuran menyehatkan.

Berbagi dengan orang lain

Sebuah penelitian dilakukan terhadap orang-orang yang berhasil menurunkan dan mempertahankan berat badan. Kuncinya, sering berbagi makanan atau memesan setengah porsi saat makan di restoran. Cara ini sederhana sekaligus cerdas, selain Anda bisa menghemat bisa juga menyokong kesehatan.

Jika tidak ada yang diajak berbagi, maka mintalah pada pelayan untuk membungkus setengah makanan dan bisa dibawa pulang.

Tips terakhir, minuman paling sehat saat makan diluar rumah adalah tanpa pemanis. Anda bisa minum air mineral atau teh tanpa pemanis atau teh tawar.