Bagikan:

JAKARTA - Satu tahun yang lalu pada 26 April 2019, Marvel Studio melepas penutup kisah fase ketiga Avengers bertajuk Avengers: Endgame. Film ini memecahkan rekor sebagai film dengan penghasilan terbesar di Marvel Cinematic Universe (MCU) dan sepanjang waktu hingga saat ini.

Penghasilannya di seluruh dunia mencapai 2,8 miliar dolar Amerika Serikat (AS), sebuah angka yang sulit dilawan oleh film-film mainstream serupa. Dikutip dari Indiewire, Selasa, 28 April, film sekelas Us dan Once Upon a Time in Hollywood yang banyak mengajak bintang papan atas juga tidak sanggup melawan kuatnya Avengers: Endgame. Atau jika melihat film yang banyak dibicarakan (word of mouth) seperti Parasite dan Little Women, nyatanya banyaknya omongan juga bukan menjadi penentu bagi sebuah film dapat bertahan lama layaknya Avengers: Endgame.

Menghitung jumlah penonton, kira-kira 30 hingga 35 juta dalam penayangan Avengers: Endgame pekan pertama di belahan Amerika Utara, sedangkan di seluruh dunia bisa mencapai 100 juta penonton. Setahun berjalan, belum ada yang bisa membangkitkan antusias penonton begitu banyaknya dengan perolehan penonton ini.

Merayakan satu tahun Avengers: Endgame, Russo Brothers yaitu Anthony dan Joe sebagai sutradara membeberkan beberapa fakta unik yang diunggah pada perayaan ini melalui akun Twitter-nya. Mereka juga menyertakan beberapa foto dan menandai para pemain ketika menonton bersama Avengers: Endgame secara virtual pada 27 April waktu AS.

Dalam adegan keluarga Hawkeye, terlihat Hawkeye bermain bersama anak perempuannya. Ternyata itu adalah anak kandung Joe bernama Ava yang dipilih untuk memerankan adegan singkat tersebut. Fakta lainnya anak pemeran Hawkeye, Jeremy Renner juga bernama Ava.

Selain itu, Russo Brothers juga mengunggah video pertama Brie Larson di hari pertamanya sebagai Captain Marvel. Larson menyapa seluruh jajaran pemain dan kru atas apresiasi memilihnya sebagai bagian dari Avengers. Adegan berkumpulnya Romanoff, Hulk, Thor dalam sebuah kafe juga diisi dengan cameo dari keluarga Russo seperti anak dan keponakan Joe dan Anthony yang ada di belakang para pemain utama.

Russo Brothers juga menceritakan kinerja kru yang bekerja untuk produksi desain Avengers: Endgame. Salah satunya untuk adegan Hawkeye di Tokyo di mana mereka mengubah jalanan di Downtown ATL menjadi Tokyo sejenak untuk adegan ini. Begitu juga dengan mengubah desain Asgard, tim produksi harus menunggu latihan paduan suara di katedral selesai sehingga mereka bisa mengubah seluruh katedral.

Video hari terakhir Chris Evans menjadi Captain America juga diunggah. “Banyak cinta dan hormat untukmu. Perjalanan yang mengesankan,” tulis Russo Brothers. Seperti diketahui, beberapa aktor pemeran Avengers: Endgame menyelesaikan kontraknya melalui film ini seperti Evans, Robert Downey Jr., Chris Hemsworth, Chris Pratt, Tom Hiddleston, dan Samuel L. Jackson.

Russo Brothers menutup rangkaian cerita itu dengan sebuah unggahan bertuliskan; “Membagikan #Endgame untuk pertama kali tahun lalu, dengan kalian semua, adalah hal yang mendebarkan dan momen yang terbayarkan dalam karier kami. TERIMA KASIH. Kami menunggu hari di mana kita bisa kembali ke bioskop, berbagi pengalaman ini sekali lagi… #AvengersAssemble” Mereka juga menyisipkan video yang mereka rekam ketika diam-diam memasuki sebuah bioskop di UCLA dan menangis karena reaksi penonton.

Tahun ini, Marvel Studios memulai fase keempat Marvel Cinematic Universe dengan memulai cerita Black Widow. Berikutnya ada The Eternals, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, sekuel Spider-Man, Thor: Love and Thunder, dan Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Meskipun begitu, Avengers: Endgame tetap menjadi kenangan yang indah bagi penggemar dan penonton. Apa adegan berkesan di Avengers: Endgame favorit Anda?