4 Fakta Mark Sungkar Keluar dari Penjara Jadi Tahanan Kota
Mark Sungkar (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Mark Sungkar, tersangka kasus korupsi dana triatlon keluar dari tahanan Gebung Kejaksaan Agung Republik Indonesia pada Rabu malam, 5 Mei. Kini ayah dari Zaskia dan Shireen Sungkar ini  resmi menjadi tahanan kota. 

Mark Sungkar yang merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PPFTI) ditahan karena dituduh kasus korups. Aktor senior ini didakwa melakukan korupsi terkait dana olahraga triatlon sehingga merugikan negara senilai Rp 649,9 juta.Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyebut Mark Sungkar membuat laporan fiktif terkait belanja kegiatan dana platnas Asian Games 2018.

Keluar Gedung Kejari dengan mengenakan kemeja putih dan peci putih, Mark Sungkar tak henti bersyukur. Melalui media, Mark menyampaikan rasa terima kasih, karena penangguhan penahanannya dikabulkan.

"Bersyukur lah, sekaligus saya berterima kasih kepada seluruh sahabat, teman pejabat tinggi maupun tetangga. Juga istri, maupun semua keluarga yang mendoakan, yang berusaha untuk mengurangi beban saya sehingga saya tidak lagi ditahan di dalam, jadi tahanan luar," kata Mark Sungkar.

Bagaimana bisa Mark Sungkar jadi tahanan kota? Apa yang akan dilakukannya setelah bebas? Inilah 4 fakta Mark Sungkar keluar dari penjara Kejari.

1. Penangguhan Tahanan karena Lansia

Aktor senior 72 tahun itu mengajukan penangguhan penahanan dengan alasan usia yang sudah uzur. Alasan kesehatan juga menguatkan penangguhan tersebut. Apalagi selama menjadi tahanan, Mark Sungkar sempat terpapar Covid-19.

2. Dijamin Anak

Mark Sungkar menyebut dua anaknya lah yang menjadi penjamin tahanan kota.  Zaskia dan Shireen Sungkar menjadi penjamin untuknya. "Ya anak saya (yang jadi penjamin penangguhan penahanan), kan cuma dua yang perempuan, Shireen dan Zaskia," ujar Mark Sungkar.

3. Tak Dijemput Anak

Meskipun menjadi penjamin bagi papanya, Zaskia dan Shireen Sungkar tak ikut menjemput keluarnya Mark Sungkar. Hanya istrinya, Santi Saloka Mala yang nampak semangat menjemput dan mendampingi. Rupanya memang permintaan Mark Sungkar sendiri. "Memang saya larang (Shireen dan Zaskia menjemput)," tutur Mark Sungkar usai keluar dari Gedung Kejari.

 

4. Bisa Lebaran dengan Cucu Baru

Gara-gara ditahan, Mark Sungkar tidak bisa menemani kelahiran cucu dari Zaskia dan Irwansyah, Ukkasya Muhammad Syahki. Ukkasya adalah cucu yang sangat dinantikan oleh keluarga Mark Sungkar karena Zaskia baru hamil setelah 10 tahun menikah dengan proses bayi tabung. Setelah menjadi tahanan kota, Mark Sungkar dipastikan bisa lebaran bersama dengan cucu-cucunya.