<i>Luca</i>, Persembahan Casarosa tentang Bagaimana Seorang Anak Menemukan Proses Perkembangan Diri
Luca (Disney Pixar)

Bagikan:

JAKARTA - Disney Pixar merilis trailer untuk film animasi terbaru mereka, Luca pada Rabu, 28 April. Film ini sangat dinantikan para penggemar Disney mengingat ini adalah film perdana sutradara Enrico Casarosa.

Berlatar belakang Riviera, Italia, Luca mengisahkan seseorang berumur 13 tahun bernama Luca (diisi suara oleh Jacob Tremblay) dan sahabatnya, Alberto (Jack Dylan Grazer). 

Keduanya adalah makhluk laut yang menjadi manusia ketika sampai di daratan. Mereka mencoba berbagai hal selayaknya yang manusia lakukan mulai dari makan pasta, menaiki scooter sembari menyembunyikan identitas mereka.

Dalam trailernya, mereka terlihat menikmati waktu menjadi manusia. Meskipun beberapa kali situasi sulit mereka hadapi, kedua sahabat ini saling membantu satu sama lain.

LBGT

Ketika trailer dirilis pertama kali, tidak sedikit warganet yang membandingkan premis Luca dengan film Call Me By Your Name.

Film arahan Luca Guadagnino ini mengisahkan Oliver (Armie Hammer) dan Elio (Timothee Chalamet) yang menjalani hubungan romansa ketika berada di Italia.

Berbagai foto menampilkan adegan yang membandingkan Luca dengan Elio dan Alberto dengan Oliver. Melansir ET Canada, Casarosa menjawab bahwa cerita tentang LGBT tidak pernah terlintas ketika membuat Luca.

Beberapa waktu belakangan, penggemar Disney kerap meminta representasi karakter LGBT dalam film buatan mereka. Hal itu terjawab lewat film Onward (2020) yang menampilkan karakter gay (Lena Waithe).

Inspirasi

Enrico Casaraso menjelaskan bahwa film Luca terinspirasi dari kehidupannya sendiri. “Luca adalah tentang sahabat saya, Alberto.”

Saat itu dia adalah seorang pemalu sampai kemudian bertemu dengan Alberto, temannya yang bebas dan tidak dikekang oleh keluarganya. Pertemanannya dengan Alberto adalah sesuatu yang indah dan menakjubkan.

Hubungan mereka memang bukan sesuatu yang romantis, namun Casarosa menyebut hubungan ini adalah hubungan yang emosional. Sosok Luca sedang mencari jati diri di luar kehidupan dengan keluarga.

Film ini menjadi persembahan Casarosa tentang bagaimana seorang anak menemukan proses perkembangan diri.

“Sisi lain menjadi seorang anak kecil adalah Anda selalu merasa seperti terasingkan. Saya dan teman saya merasa seperti pecundang ketika kami pergi… dan saya mencintai bagaimana makhluk laut adalah metafora yang indah untuk merasakan perbedaan.”

Enrico Casarosa memulai debutnya dengan film pendek bersama Pixar bertajuk La Luna. Gaya animasi tersebut dia bawakan dalam film Luca.

Selain kedua pemeran utama, Luca dibintangi Maya Rudolph, Emma Berman, Marco Barricelli, dan Jim Gaffigan.

Luca menjadi rilisan terbaru Pixar dalam rangka merayakan 25 tahun berdirinya Disney Pixar. Mengikuti jejak Soul, film ini akan tayang secara eksklusif di Disney+ pada 18 Juni mendatang.

Terkait