Bagikan:

YOGYAKARTA – Suplemen untuk nyeri sendi perlu dikonsumsi secara rutin oleh agar manfaatnya bisa diperoleh secara optimal. Suplemen ini dapat membantu mengelola nyeri pada sendi akibat peradangan, cedera, hingga kondisi medis tertentu seperti osteoarthritis atau radang sendi.

Nyeri sendi umumnya terjadi di tangan, kaki, pinggul, lutut, atau tulang belakang. Rasa sakit ini tidak dapat sembuh sepenuhnya, namun Anda dapat mengelola gelaja dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral.

Lantas, apa sajasuplemen untuk nyeri sendi yang direkomendasikan? Yuk, cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Rekomendasi Suplemen untuk Nyeri Sendi

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa suplemen yang dapat membantu mengatasi gangguan nyeri pada sendi:

  1. Glucosamine

Glucosamine adalah suplemen yang dapat mengurangi gejala radang sendi di lutut, seperti nyeri sendi dan pembengkakan.

Glucosamine sedianya merupakan zat alami yang terdapat di persendian. Zat ini bekerja dengan cara mendukung pembentukan tulang rawan dan jaringan ikat dalam tubuh.

Selain itu, glucosamine juga berfungsi pelumas sehingga dapat mengurangi gesekan antarsendi dan mencegah kerusakan tulang.

Selain terdapat di tulang rawan manusia, glucosamine juga bisa ditemukan di beberapa hewan atau tumbuhan, seperti cangkang kerang, tulang hewan, dan jamur.

Untuk mengatasi radang sendi di lutut orang dewasa, dosis glucosamine yang disarankan yakni 1.250 mg per hari sebagai dosis tunggal atau dalam 2 dosis terbagi.

Beberapa obat branded (obat dengan merek dagang) yang mengandung glucosamine seperti Ultimax Joint, Osteor Plus, Glucosamine, Vosteem Plus, Flexor DS, Wellmove, dan lain sebagainya.

  1. Chondroitin

Chondroitin merupakan senyawa alami yang berperan sebagai pembangun tulang rawan.

Pada persendian, tulang rawan berfungsi sebagai bantalan antartulang. Seiring bertambahnya usia, tulang rawan bisa mengalami penipisan sehingga tulang dapat saling bergesekan. Hal inilah yang memunculkan rasa nyeri pada area persendian.

Dalam meredakan nyeri akibat radang sendi, chondroitin bekerja dengan mengurangi peradangan dan menghambat kerusakan pada tulang rawan. Supaya lebih efektif dalam meredakan nyeri sendi, chondroitin biasanya dikombinasikan dengan glucosamine yang juga merupakan senyawa pembangun tulang rawan.

Pada orang dewasa, dosis chondroitin yang dianjurkan untuk mengatasi radang sendi adalah 800-2.000 mg per hari dalam 2 dosis terbagi.

  1. Metilsulfonilmetana

Metilsulfonilmetana atau disingkat MSM merupakan seyawa sulfur yang secara alami terdapat dalam buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, hewan, dan manusia.

Seseorang juga bisa mendapatkan MSM dari melalui asupan suplementasi. Suplemen ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi.

Sulfur membantu tubuh seseorang membuat jaringan ikat. Sebuah riset menyebutkan, MSM bisa memperbaiki nyeri dan meningkatka sungsi sendi pada orang dengan osteoarthritis.

  1. S-adenosyl-L-methionine

Rekomendasi suplemen untuk nyeri sendi yang berikutnya adalah S-adenosyl-L-methionine (SAMe). Senyawa ini sebenarnya diproduksi secara alami oleh organ hati dari asam amino yang disebut metionina. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, produkse SAMe menjadi menurun.

Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan suplementasi untuk mencukupi kebutuhan senyawa ini.

SAMe diketahui memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah membantu  memproduksi dan perbaikan tulang rawan.

Demikian informasi tentang suplemen untuk nyeri sendi. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.