Rajin Konsumsi Makanan Ini, Bisa Bantu Turunkan Asam Urat
Ilustrasi (Mohammad Amin Masoudi/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Penyakit asam urat merupakan salah satu bentuk dari artritis yang terjadi akibat terlalu tingginya kadar asam urat dalam darah. Akibatnya, terbentuknya kristal-kristal yang menumpuk di sekitar persendian sehingga memicu nyeri.

Untuk meredakan nyeri sendi, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan penurun asam urat. Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan asam urat, mari simak daftarnya berikut ini.

Seledri

Seledri dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara. Misalnya, menyantap daun seledri mentah, dibuat jus, atau berupa suplemen. Namun, tidak ada saran khusus mengenai porsi yang harus dikonsumsi per hari. Anda bisa mengonsumsi dalam jumlah yang cukup, jangan terlalu berlebihan ya!

Jahe

Jahe memang dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu mengatasi nyeri sendi. Anda bisa menggunakannya secara topikal, seperti mengompres air jahe pada bagian yang mengalami gejala penyakit asam urat untuk meredakan nyeri selama 15-30 menit.

Selain itu, jahe juga bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah bagi mereka yang mengalami hiperurisemia. Penderita disarankan mengonsumsi air jahe sebanyak tiga cangkir setiap harinya.

Apel

Buah apel mengandung malic acid yang bisa menurunkan kadar asam urat. Namun, belum banyak penelitian yang bisa mendukung klaim tersebut. Meski begitu, Anda tetap bisa mengonsumsi satu buah apel setiap harinya karena baik untuk kesehatan. Namun, jangan dibarengi dengan konsumsi gula yang berlebihan.

Ceri

Menurut beberapa riset, buah ceri cukup ampuh dalam meredakan dan mencegah serangan penyakit asam urat. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi buah ini setidaknya selama dua hari berturut-turut. Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar, penderita asam urat juga boleh mengonsumsinya dalam bentuk jus serta ekstrak buah ceri.