Bagikan:

JAKARTA - Cara berbicara ternyata memiliki peran besar untuk membentuk kesan orang lain terhadap diri Anda. Setiap percakapan yang dilakukan, baik dengan keluarga, teman, atau rekan kerja, bisa menjadi kesempatan untuk menunjukkan sisi terbaik diri Anda.

Terdapat beberapa cara berbicara yang bisa membuat Anda dinilai sebagai orang yang menyenangkan dan memiliki aura positif. Simak langsung cara berikut ini dilansir dari Global English Editing.

1. Berbicara secara antusias dan tulus

Salah satu kunci agar orang lain merasa nyaman berbicara dengan Anda adalah rasa antusiasme tulus yang Anda tunjukkan. Ketika Anda berbicara dengan penuh semangat, maka Anda akan memancarkan energi positif yang mampu menular ke lawan bicara.

Namun, rasa antusias saat berbicara tersebut harus disertai dengan perasaan yang tulus, jangan berlebihan dan terkesan palsu. Tuluslah dalam berbicara dan merespons sehingga percakapan terasa natural dan menyenangkan.

2. Menggunakan humor yang menyenangkan dan cerdas

Membumbui percakapan dengan humor yang cerdas akan membuat suasana menjadi lebih cair dan menyenangkan. Humor dapat meredakan ketegangan dan membuat lawan bicara Anda lebih rileks.

Namun, perlu diingat untuk menggunakan humor yang baik, tidak menyinggung perasaan orang lain atau hal bersifat sensitif dan personal. Jika Anda bisa membuat orang lain tertawa dengan cara positif, mereka akan lebih senang berinteraksi dengan Anda.

3. Mendengarkan dengan baik

Ketika berinteraksi dengan orang lain bukan hanya berbicara, tetapi juga mendengarkan. Mendengarkan dengan baik adalah salah satu cara memenangkan hati orang lain.

Ketika Anda memberikan perhatian yang baik ketika seseorang berbicara, mereka akan merasa dihargai. Ini akan membuat mereka merasa betah untuk berbicara dengan Anda dalam waktu yang lama.