Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang ingin melanjutkan studi doktoral atau S3 setelah berhasil menyelesaikan jenjang Magister (S2). Ada yang ingin menempuh pendidikan jenjang doktoral di kampus dalam negeri dan ada pula yang berencana kuliah di luar negeri. Lantas berapa lama masa studi S3?

Studi Strata-3 merupakan jenjang pendidikan tertinggi dalam pilihan studi di perguruan tinggi. Gelar ini dipandang sebagai pencapaian akademik tertinggi yang menandakan keahlian seseorang dalam bidang tertentu, serta mengukuhkan statusnya sebagai seorang pakar. 

Namun untuk mencapai gelar S3, dibutuhkan komitmen yang kuat sejak awal hingga akhir masa studi. Bagi Anda yang berniat mengambil studi program doktoral, sebaiknya pahami dulu berapa lama masa studi S3 dan apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Berapa Lama Masa Studi S3?

Program S3 biasanya dapat diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun atau sekitar 6 semester. Namun lamanya waktu ini hanya sebagai acuan umum dan dapat bervariasi tergantung pada masing-masing mahasiswa.

Banyak mahasiswa memerlukan waktu lebih panjang untuk menyelesaikan studi S3 mereka, bergantung pada sejumlah faktor. Misalnya kesibukan dengan pekerjaan, tanggung jawab keluarga, atau aktivitas lainnya.

Lamanya masa kuliah S3 bisa bervariasi yang biasanya bergantung dari faktor-faktor berikut ini:

Sistem Pendidikan

Di Indonesia, program doktor biasanya memerlukan waktu antara 3 hingga 5 tahun (atau sekitar 6 hingga 10 semester) untuk diselesaikan. Sementara di luar negeri, durasinya bisa berkisar antara 3 hingga 7 tahun, tergantung pada negara dan institusi yang bersangkutan.

Bidang Studi

Lamanya waktu kelulusan program doktoral juga bisa bervariasi tergantung pada bidang studi yang dipilih. Beberapa bidang seperti ilmu alam atau teknik, mungkin memerlukan waktu lebih lama karena melibatkan penelitian eksperimental.

Jenis Penelitian

Penelitian yang memerlukan proses pengumpulan data dalam jangka waktu yang panjang seringkali dapat memperpanjang durasi studi doktoral di bidang tertentu.

Status Mahasiswa

Mahasiswa dengan status penuh waktu (full-time) umumnya dapat menyelesaikan studi lebih cepat dibandingkan dengan mahasiswa paruh waktu (part-time). Namun status tersebut tidak selalu menjadi patokan karena kecepatan penyelesaian studi juga bergantung pada tujuan dan komitmen masing-masing mahasiswa.

Syarat Mendapatkan Gelar S3

Untuk bisa meraih gelar doktor atau S3, seorang mahasiswa harus memenuhi sejumlah persyaratan. Berikut ini syarat-syarat memperoleh gelar S3 yang merujuk dari Peraturan Rektor Universitas Indonesia Nomor 3 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Program Doktor Pasal 25.

1. Masa Tempuh Kurikulum Program Doktor dirancang sepanjang 6 (enam) semester yang terdiri atas:

  • 2 (dua) semester pembelajaran yang mendukung penelitian; dan
  • 4 (empat) Semester penelitian.

2. Masa Studi Mahasiswa Program Doktor maksimum 12 (dua belas) Semester.

3. Masa Studi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diperhitungkan untuk semua Status Akademik sebelum lulus atau keluar.

4. Khusus untuk Program Studi yang diselenggarakan bekerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri dapat Menyusun Beban Belajar dan Masa Tempuh Kurikulum yang berbeda dengan ketentuan Peraturan Rektor ini.

Selain beberapa persyaratan di atas yang harus dipenuhi, mahasiswa jenjang program S3 juga harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Mengajukan dan mempertahankan proposal penelitian di hadapan komite akademik.
  2. Melaksanakan penelitian secara spesifik dan mendalam yang memberikan kontribusi baru di bidang studi.
  3. Mempublikasi hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi (ketentuan jumlah publikasi bisa bervariasi di tiap institusi).
  4. Menyusun disertasi secara komprehensif yang memaparkan penelitian dan temuannya.
  5. Lulus dalam ujian komprehensif yang menguji pengetahuan mendalam mengenai bidang studi yang ditempuh.
  6. Menjalani siding disertasi guna mempertahankan disertasi di hadapan para panel ahli.

Demikianlah penjelasan dari berapa lama masa studi S3 yang perlu dipahami bagi Anda yang berniat mengambil program doktoral seusai S2. Lamanya masa kuliah S3 secara rata-rata ditempuh antara 3 hingga 5 tahun tergantung dari beberapa faktor yang disebutkan di atas. Baca juga tips lolos beasiswa LPDP.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.