Bagikan:

YOGYAKARTA - Beasiswa LPDP banyak diincar oleh orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. LPDP menjadi beasiswa paling bergengsi sehingga animo pendaftarnya selalu tinggi setiap tahunnya. Dengan persaingan yang ketat dan persyaratan di dalamnya, lantas bagaimana tips lolos beasiswa LPDP?

Beasiswa LPDP merupakan program pembiayaan pendidikan yang disediakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan. Beasiswa ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berencana melanjutkan studi namun terkendala biaya. Ada beberapa jalur penerimaan yang dibuka dalam beasiswa LPDP.

Meski terbuka dalam beberapa jalur dan kuota yang banyak, namun untuk bisa lolos sebagai awardee beasiswa LPDP tidaklah mudah. Calon mahasiswa harus bersaing dengan pendaftar lain, menemuhi persyaratan, serta menjalani serangkaian tahapan seleksi. Oleh karena itu, tips lolos beasiswa LPDP perlu diketahui oleh Anda yang berniat mengikuti beasiswa ini. 

Tips Lolos Beasiswa LPDP 2024

Pendaftaran beasiswa LPDP dibuka dalam dua gelombang setiap tahunnya. biasanya batch 1 penerimaan untuk beasiswa ini dibuka pada pada bulan Januari hingga Maret dan batch 2 antara bulan Juli hingga Juni. Mengingat persyaratannya yang nggak sederhana dan tahapan seleksinya yang ketat, sebaiknya Anda mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari. 

Beasiswa LPDP diminati oleh banyak orang karena menawarkan kesempatan lanjut studi untuk tingkat magister dan doktor dengan beragam pilihan kampus tujuan. Para pendaftar bisa memilih universitas di dalam negeri maupun luar negeri untuk tujuan pendidikannya. Sebagai persiapan dan agar potensi diterima lebih tinggi, berikut ini tips lolos beasiswa LPDP 2024 yang bisa Anda terapkan:

Memiliki Rencana Studi yang Jelas

Saat akan mendaftar beasiswa LPDP, Anda harus menyusun rencana studi yang terperinci dan jelas. Penyelenggara beasiswa akan meninjau rencana studi Anda untuk memastikan bahwa penerima beasiswa melaksanakan studi dengan baik dan terarah.

Cantumkan program studi yang diminati, riset apa yang akan dilakukan, serta bagaimana studi tersebut dapat mendukung karier Anda di masa depan. Dengan menyampaikan rencana studi yang terstruktur, fokus, dan matang, penyelenggara akan melihat keseriusan Anda dalam memperoleh beasiswa tersebut.

Menentukan Kampus dan Jurusan Tujuan

Selain rencana studi, kampus dan jurusan yang Anda pilih juga harus sudah pasti. Anda perlu menentukan kampus dan jurusan yang diinginkan. Jika belum menetapkan kampus tujuan, pilih minimal tiga kampus sebagai cadangan jika pilihan pertama tidak berhasil.

Memahami Karakter Beasiswa LPDP

LPDP adalah penyelenggara beasiswa yang cukup ketat. Selain persiapan akademik, jiwa nasionalisme juga sangat penting. Pahami dan hayati nilai-nilai Pancasila, karena hal ini sering menjadi faktor penting dalam seleksi beasiswa LPDP. Berbicaralah dengan alumni penerima beasiswa LPDP untuk mendapatkan berbagai informasi terkait beasiswa ini.

Menarik Perhatian Penyelenggara Beasiswa

Susun rencana studi yang sejalan dengan visi LPDP. Persiapan ini akan membuat penyelenggara beasiswa semakin tertarik pada Anda. Tunjukkan berbagai prestasi yang telah Anda capai, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. 

Tunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan kepemimpinan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial, baik di dalam maupun di luar kampus. Sampaikan apa kontribusi yang sudah Anda lakukan sejauh ini dan yang menjadi rencana Anda selama kuliah dan setelah lulus nanti.

Memperhatikan Detail Persyaratan dan Proses Seleksi

Perhatikan setiap detail yang perlu Anda tunjukkan kepada penyelenggara beasiswa. Kenali dan sampaikan semua kelebihan yang Anda miliki. Jangan abaikan detail sekecil apapun yang dapat menarik perhatian penyelenggara beasiswa.

Demikianlah beberapa tips lolos beasiswa LPDP 2024 yang perlu Anda pelajari jika ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3 melalui program pendanaan ini. Selain melengkapi semua persyaratan dengan baik, Anda juga harus mempersiapkan diri sematang mungkin untuk menjalani tahapan wawancara.

Pendaftaran dan informasi mengenai beasiswa ini bisa Anda akses di laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Baca juga cara membuat CV beasiswa untuk mendaftar LPDP

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.