Apa itu Yudisium? Ketahui Pengertian, Syarat, dan Perbedaannya dengan Wisuda
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Locies)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mahasiswa semester awal mungkin belum mengenal apa itu yudisium. Yudisium merupakan momentum yang berharga sekaligus sangat menentukan dalam perjalananmu sebagai mahasiswa.

Nah, dalam artikel ini VOI telah merangkum sejumlah informasi tentang apa itu yudisium, syarat, serta perbedaannya dengan wisuda. Baca ulasan berikut untuk mengetahuinya!

Apa itu Yudisium?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Yudisium adalah penentuan nilai atau kelulusan suatu ujian sarjana di perguruan tinggi.

Dikutip dari laman resmi Universitas Negeri Yogyakarta, yudisum definisikan sebagai pengumuman nilai untuk mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diambil oleh mahasiswa.

Yudisium termasuk tahapan yang dinanti oleh mahasiwa, terutama yang sudah menyelesaikan skripsi atau tugas akhirnya.

Yudisium biasanya diadakan oleh pihak fakultas ataupun program studi. Saat proses ini berlangsung, ketua program studi atau dekan akan mengumumkan nilai dan kelulusan semua peserta siding akhir selama periode tertentu.

Syarat Yudisium

Perlu dicatat, syarat yudisum berbeda-beda di tiap perguruan tinggi. Berikut gambarannya sebegaimana dikutip dari laman Universitas Ahmad Dahlan:

  • Mengisi formulir yudisium
  • Transkrip akademik.
  • Permohonan ralat ijazah (bila ada data mahasiswa yang tidak sesuai).
  • Dokumen data diri (akta kelahiran dan KTP).
  • Form perbaikan skripsi
  • Lembar pengesahan skripsi
  • Hasil verifikasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah yang didapat dari portal mahasiswa.
  • Pas foto
  • Memenuhi syarat akademik seperti minal IPK dan nilai mata kuliah.

Perbedaan Yudisium dan Wisuda

Secara garis besar, beda yudisium dan wisuda dapat dilihat dari waktu pelaksanaan, tujuan, hingga susunan acaranya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Waktu pelaksanaan

Di atas telah disinggung bahwa yudisium adalah pengumuman nilai untuk mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diambil oleh mahasiswa.

Ini artinya, yudisium akan diselenggarakan lebih awal ketimbang wisuda. Seorang mahasiswa belum bisa mendaftar wisuda bila belum dinyatakan lulus dan menyelesaikan revisi akhir setelah sidang.

2.  Tujuan penyelenggaraan

Perbedaan yudisium dan wisuda yang berikutnya dapat dilihat dari tujuan penyelenggaraan.

Yudisium bertujuan untuk mengumumkan nilai dan hasil kelulusan. Sementara wisuda bertujuan untuk memberi tanda pengukuhan setelah mahasiswa menyelesaikan studinya.

3. Fokus

Fokus yudisum adalah penyelesaian administrasi serta memastikan bahwa mahasiswa telah menyelesaikan semua persyaratan akademik.

Sebelum mengikuti yudisium, mahasiswa harus melewati tahap administratif yang melibatkan pengecekan dan verifikasi terhadap capaian akademik mahasiwa dan pemenuhan syarat-syarat kelulusan lainnya.

Sedangkan wisuda lebih berfokus pada pengukuhan atas selesainya studi serta memberikan penghargaan secara simbolis.

4. Susunan acara

Perbedaan yudisium dan wisuda yang terakhir dapat dilihat dari susunan acaranya. Yudisium biasanya digelar tidak terlalu meriah, tanpa sidang senat, dan hanya dilakukan dalam tingkat fakultas atau program studi.

Sementara wisuda diselenggarakan dalam tingkat universitas dan melibatkan wisudawan dari semua fakultas.

Ketika wisuda, mahasiwa akan diminta mengenakan jubah dan toga sebagai sombol pencapaian akademis mereka.

Demikian informasi tentang apa itu yudisium. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.

Terkait