Bagikan:

JAKARTA - Ada kejadian unik di India, baru-baru ini, seorang dokter berhasil mengeluarkan seekor kecoa hidup sepanjang 3 cm di usus halus seorang pasien pria berusia 23 tahun.

Awalnya, pria tersebut datang ke Rumah Sakit Fortis, Vasal Kunj, New Delhi, India. Juru bicara RS Fortis di Vasant Kunj ini mengatakan pasien pria tersebut mengeluh rasa sakit perut setelah mengonsumsi makanan kaki lima.

Pria itu mengeluh sakit perut yang parah, kesulitan mencerna makanan dan perutnya sering kembung selama tiga hari berturut-turut sebelum mencari perawatan di rumah sakit.

"Saat pemeriksaan, ditemukan kecoa hidup itu bersarang di usus halus pasien," Konsultan Senior Gastroenterologi Dr Shubham Vatsya, dikutip dari laman Times of India.

Dokter mengungkapkan prosedur ini memakan waktu selama 10 menit. Tim dokter menggunakan teknik endoskopi canggih di Rumah Sakit Fortis di Vasant Kunj.

"Endoskopi yang digunakan secara khusus memiliki saluran ganda, satu untuk infus udara dan air dan satu lagi untuk penyedotan. Hingga akhirnya, tim medis berhasil menarik kecoak," paparnya.

Dia memperingatkan bahwa kasus seperti itu dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani tepat waktu. Dokter mengatakan mereka bertindak cepat dengan melakukan endoskopi.

"Pasien mungkin telah menelan kecoa saat makan atau bisa saja masuk ke mulutnya saat ia tidur," katanya.

Intervensi yang tertunda dapat menyebabkan komplikasi parah, termasuk gangguan infeksi.