Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, ada banyak kreasi kue yang mungkin bisa kita temukan dengan berbagai bentuk. Tapi sepertinya, kreasi pria asal Vietnam berikut patut diacungi jempol. 

Nguyen Vu Hoang Anh, mendadak viral di media sosial usai membuat kue miniatur gaun bangsawan yang terlihat sangat elegan. Hasil kue desain gaun bangsawan ini mendapatkan banyak pujian dari warganet.

Dilansir dari laman Oddity Central, Vu Hoang Anh, salah satu seniman kue paling berbakat dan kreatif di Vietnam, telah dikenal karena kue khasnya yang berbentuk seperti gaun aristokrat miniatur, lengkap dengan detail lipatan-lipatan kecil.

Pembuat kue yang kini berusia 34 tahun itu bisa membuat kue miniatur gaun bangsawan menggunakan dasar kue bolu berlapis yang disatukan dengan buttercream dan cokelat. Lalu, ditutupi dengan lapisan fondant berwarna yang dibentuk dengan tangan menjadi bentuk gaun bangsawan Eropa yang rumit.

Beberapa tahun lalu, Nguyen Vu Hoang Anh mulai mengerjakan kue berbentuk gaun sebagai tantangan pribadi. Dia cukup ahli dalam membentuk fondant menjadi bunga, dedaunan, tanaman, hingga karakter kartun, Hoang Anh dengan cepat mengetahui dia membutuhkan lebih dari keterampilan membuat kue untuk membuat gaun bangsawan.

"Untuk membuat gaun yang realistis, saya harus meneliti semuanya mulai dari cara melipat kain, cara melipat keliman, memangkas pinggang, menjahit kancing, dan kemudian menyesuaikan teknik dengan bahan yang digunakan untuk membuat kue," kata Hoang Anh.

Membuat fondant yang tampak seperti kain lembut bukanlah hal yang paling mudah. Nguyen Vu Hoang Anh biasanya menghabiskan waktu antara 3  sampai 5 hari untuk menyelesaikan salah satu kue gaun ikoniknya.

Setiap detail kecil dibuat dengan tangan, mulai dari lipatan pada gaun hingga aksesori kecil dan pekerjaan pengecatan akhir. Proses yang melelahkan inilah yang membuat kue desain gaun bangsawan ini menjadi mahal.

Harga rata-rata setiap kue yang berbentuk seperti gaun bangsawan berkisar dari 3,5 juta VND (Rp2,1 juta rupiah) hingga 5 juta dong Vietnam atau Rp3,1 juta, tergantung pada kompleksitas dan desainnya," kata Hoang Anh.

"Ini adalah produk buatan tangan, setiap detail kecil dibuat dengan cermat. Jadi, harganya lebih tinggi daripada kue biasa." tambahnya.