Kisah di Balik <i>Tiger King</i>, Serial Netflix Paling Populer Saat Ini
Joe Exotic (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Baru ditayangkan pada 20 Maret lalu, serial Tiger King: Murder, Mayhem, and Madness menjadi pembicaraan di Netflix. Pasalnya, serial ini menghadirkan cerita nyata Joseph Maldonado-Passage atau dikenal sebagai Joe Exotic, pemilik Greater Wynnewood Exotic Animal Park yang merupakan kolektor kucing besar yang terhubung di Amerika Serikat dan menjadi seorang tersangka pembunuhan. Kolektor ini tidak hanya terkenal karena peliharaannya tetapi juga gaya eksentriknya.

Perjalanan Joe Exotic sebagai kolektor andal dimulai dengan membeli toko hewan peliharaan di Texas pada 1989 bersama adiknya, Garold Wayne. Sebuah kebun binatang ia buat sebagai dedikasi untuk adiknya tercinta yang beberapa tahun kemudian meninggal dunia. Kebun binatang yang diberi nama Garold Wayne Exotic Animal Memorial Park ini membiakkan hewan untuk mengembangkan populasi anak harimau. Ia membawa hewan eksotisnya dalam tur dan menyediakan sesi foto bersama peliharaannya.

Hal ini menjadi konflik serial yang berkisah pada perdebatan Joe Exotic dengan Carole Baskin, pemilik Big Cat Rescue. Keduanya saling tuduh menuduh terkait program dan kondisi kebun binatang.

Perkelahian keduanya semakin meningkat ketika Carole Baskin melakukan protes kepada Joe Exotic karena sebuah pertunjukan pantera dengan layanan petting cub di bawah merek logo Big Cat Rescue. Exotic melakukan hal tersebut sebagai bentuk protes terhadap Baskin karena ia menganggap perempuan tersebut hanya mencari keuntungan dari membuka suaka dibandingkan ingin melindungi binatang. Dilansir dari TIME, Selasa, 31 Maret, Exotic mengganti nama kebun binatangnya menjadi Baskin Company untuk mengelabui penggemar Baskin. Baskin menggugat karena pelanggaran merek dagang dan memenangkan jutaan dolar Amerika Serikat (AS) melawan Joe Exotic.

Perseteruan mereka tidak hanya berdasarkan hal tersebut, tetapi keduanya mencoba menjatuhkan hal yang terkait kehidupan pribadi masing-masing. Suami Carole Baskin, Don Lewis, dilaporkan menghilang yang kemudian Lewis ditemukan di bandara dekat dengan suaka binatang milik Baskin. Dilansir dari Cheatsheet, sebelum menghilang, Lewis mengajukan kepada pengadilan terkait kekerasan yang dilakukan Baskin dan mengklaim ia mengancam akan menembak suaminya.

Setelah bangkrut karena digugat Carole Baskin, Joe Exotic memindahkan kepemilikan kebun binatang G.W. menuju Jeff Lowe. Exotic sempat mencoba jalur politik dengan mencalonkan diri menjadi presiden di 2015 dan gubernur di Oklahoma pada 2018.

Joe Exotic dinyatakan bersalah pada pada 2019 terkait 21 kasus termasuk percobaan pembunuhan terhadap Carole Baskin dan membunuh beberapa harimau. Hukuman 22 tahun penjara ia dapatkan dan melalui serial Tiger King ia berharap orang bisa membagikan serial tersebut kepada pengacaranya sebagai ‘bantuan’ untuk melepaskan Exotic dari penjara.

Di sisi lain, Carole Baskin yang masih hidup menyayangkan pihak Netflix yang menggambarkan Baskin dalam serial itu. Baskin mengapresiasi niat rumah produksi itu untuk mengekspos ketidakadilan terhadap binatang pantera namun setelah melihat hasilnya, itu jauh dari dokumenter yang digambarkan. Baskin juga menyesalkan Netflix memilih menjadi sensasional dengan menceritakan hilangnya Don Lewis, mantan suami Baskin.

Tiger King menjadi tontonan yang menampilkan sisi lain kehidupan dan persaingan gelap di balik indahnya kebun binatang Amerika Serikat. Terdiri dari tujuh episode, Tiger King menjadi serial yang paling banyak ditonton di Netflix sejak perilisannya.